Wapres Nilai Pembangunan Rumah Berdampak pada Kualitas SDM, Khususnya Karakter

- Senin, 28 Desember 2020 | 17:47 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. (Photo/Instagram/@kyai_marufamin)
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. (Photo/Instagram/@kyai_marufamin)

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menilai bahwa pembangunan rumah yang baik dapat berdampak baik pada kualitas sumber daya manusia, khususnya dalam pembentukan karakter generasi muda di masa depan, selain juga mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Hal itu disampaikan Wapres Ma'ruf saat membuka Focussed Group Discussion (FGD) "Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Sektor Perumahan" secara daring dari Jakarta, Senin (28/12/2020).

"Pembangunan rumah yang baik akan berdampak tidak hanya terhadap pertumbuhan ekonomi, tetapi juga penting sebagai prasarana dalam membantu membentuk karakter generasi muda bangsa," kata Wapres, dilansir dari Antara, Senin (28/12/2020).

Wapres juga menilai bahwa memiliki rumah di lingkungan bersih, sehat, dan berkualitas dapat memberikan pengaruh positif bagi keluarga yang menempati. Apalagi kepada orang tua dalam membesarkan anak-anaknya.

"Saya menekankan bahwa keluarga merupakan ‘madrasah’ pertama bagi anak-anak. Oleh karena itu, dukungan lingkungan yang nyaman dan sehat memilik pengaruh positif bagi orang tua dalam membesarkan dan mendidik anak," katanya.

Baca juga: Pemerintah Larang Semua WNA Masuk ke Indonesia, Bagaimana Nasib WNI?

"Kita semua menyadari bahwa upaya pemerintah dan semua pihak untuk memfasilitasi penyediaan rumah bagi rakyat tak pernah surut dilaksanakan; namun perjalanan kita masih panjang," sambungnya.

Oleh karena itu, untuk mengatasi backlog perumahan, pemerintah mendukung penyediaan rumah bagi masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui Program Satu Juta Rumah.

Sejak program tersebut dicanangkan pada 2015, hingga kini telah terealisasi sebanyak 5,6 juta unit rumah yang 70 persen di antaranya dimiliki oleh MBR.

"Capaian Program Satu Juta Rumah tahun 2020, per tanggal 14 Desember, sebanyak 856.758 unit, di mana kurang lebih 77 persennya disalurkan untuk MBR," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X