Soal Kasus Data Pengguna Bocor, Polisi Periksa 3 IT Sekuriti Tokopedia

- Selasa, 14 Juli 2020 | 16:30 WIB
Ilustrasi aplikasi Tokopedia. (INDOZONE/Arya Manggala)
Ilustrasi aplikasi Tokopedia. (INDOZONE/Arya Manggala)

Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri masih menyelidiki kasus bocornya data pengguna Tokopedia. Terbaru, polisi sudah memeriksa tiga saksi yang bertugas sebagai IT Sekuriti di Tokopedia.

"Direktorat Tindak Pidana Siber sedang melakukan klarifikasi terhadap rekan-rekan dari internal Tokopedia. Jadi ada tiga orang dilakukan klarifikasi antara lain mereka merupakan IT Sekuriti," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setyono di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (14/7/2020).

-
Tokopedia. (Dok. Tokopedia)

Lebih jauh Awi menegaskan proses penyelidikan masih dilakukan oleh pihaknya. Polisi juga masih melakukan analisa IP addres dari Tokopedia.

"Sampai saat ini Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri masih melakukan penyelidikan dan masih melakukan analisa anomali IP addres yang masuk ke sistem Tokopedia," papar Awi.

Seperti diketahui, data pengguna Tokopedia sebanyak 91 juta data lebih berhasil diretas oleh hacker yang tidak bertanggung jawab. Hacker tersebut juga menjual data-data itu melalui dark web.

Pihak Tokopedia juga sudah angkat bicara terkait hal tersebut. Tokopedia memastikan jika data-data tersebut tetap aman karena sang hacker diklaim tidak bisa membuka password dari data pengguna Tokopedia yang sudah berhasil diretas.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X