Kapal Karam, Kisah Nelayan Kalimantan Ditemukan Terombang Ambing 6 Hari di Lautan Lepas

- Sabtu, 26 September 2020 | 12:05 WIB
Nelayan terombang ambing di tengah lautan. (Istimewa)
Nelayan terombang ambing di tengah lautan. (Istimewa)

Seorang nelayan ditemukan selamat usai lepas harapan terombang-ambing berhari-hari di tengah lautan lepas.

Hamade seorang nelayan tua usia 62 tahun sudah mengira dirinya tidak bakal selamat usai 6 hari berada dalam sebuah kotak boks ikan di lautan usai kapalnya karam.

Nelayan warga Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kotabaru, Kalimantan Selatan itu tak mengira perahu yang dia gunakan mencari ikan bocor dan tenggelam di dasar laut.

Perahunya tenggelam di Perairan Laut Taka Encing sekitar 30 mil dari daratan Kotabaru, sekitar pukul 19.30. 

Berada di tengah laut tanpa harapan, Hamade mengira akan mati di telan lautan lepas.

Namun dia sumringah saat nelayan setempat menemukannya selamat tepatnya di perairan Taka Bendera, Grogot, Kalimantan Timur oleh nelayan setempat yang sedang melintas, Kamis (24/9/2020) kemarin.

Dia lalu diselamatkan dalam kondisi lemah dan tidak berdaya setelah kelaparan. Nelayan yang menemukannya pun langsung menyuruh rekan-rekannya untuk memberi Hamade makan.

"Naik dulu makan ini, makan," kata Nelayan seperti yang terdengar dalam video dan dibagikan media sosial Instagram yang dikutip INDOZONE, Sabtu (26/9/2020).

Setelah diselamatkan dia kemudian dievakuasi ke salah satu keluarganya di kawasan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Terkait dengan nelayan yang terombang ambing di laut lepas diselamatkan nelayan ini dibenarkan oleh Kasat Polair Kotabaru, Iptu Koes Adi Dharma.

“Benar, telah dievakuasi nelayan yang terombang-ambing di laut lepas. Pak Hamade tadi kita udah komunikasi melalui ponsel anaknya," ujar Koes Adi,  Jumat (25/9) sore.

Dari laporan polisi, Hamade hilang saat berangkat melaut dari rumahnya di Desa Hilir Muara, pada Kamis (17/9) lalu.

Setelah 30 mil berlayar, tiba-tiba perahu Hamade mengalami kebocoran. Mengetahui perahunya bocor, Hamade berupaya memperbaiki.

Nahas belum berhasil memperbaiki, perahunya lebih dulu tenggelam. Hamade menyelamatkan diri.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X