The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ridwan Kamil Paparkan Langkah Jabar Antisipasi COVID-19 saat Libur Panjang
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Photo/ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)
News

Ridwan Kamil Paparkan Langkah Jabar Antisipasi COVID-19 saat Libur Panjang

Jumat, 30 Oktober 2020 19:09 WIB 30 Oktober 2020, 19:09 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil memaparkan sejumlah langkah pemprov setempat dalam mencegah penyebaran COVID-19 saat libur panjang yang bertepatan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW.

Hal itu disampaikannya kepada Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan melalui konferensi video di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (30/10/2020).

Ridwan Kamil dalam hal ini menjelaskan sejumlah langkah cepat Pemprov Jabar tersebut, di antaranya pengetesan COVID-19 di sejumlah destinasi wisata dan pintu masuk Jabar. Mulai dari melakukan pemeriksaan hingga melakukan tes cepat jika ada tanda-tanda yang sesuai.

"Pemeriksaan dan tes kami lakukan di 54 titik. Pengetesan dilakukan secara acak melalui metode tes cepat. Apabila ada yang reaktif, akan dilanjutkan dengan tes usap," kata Kang Emil, sapaannya, dilansir dari Antara, Jumat (30/10/2020).

Kemudian, ia mengatakan bahwa terdapat 14 kabupaten/kota di Jabar yang kerap dikunjungi wisatawan saat libur panjang. Pengawasan penerapan protokol kesehatan pun dilakukan, termasuk pengetesan COVID-19.

Kang Emil menerangkan kalau pengetesan COVID-19 itu sangat krusial sebagai langkah untuk menekan angka penularan COVID-19 selama libur panjang. Ia juga meminta kepada seluruh wisatawan dan pelaku perjalanan disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

"Kami bersama TNI dan Polri serta Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) terus berjaga semaksimal mungkin untuk memastikan protokol kesehatan tersebut dilakukan oleh masyarakat yang berlibur ke tempat wisata," katanya.

"Intinya, masyarakat boleh berwisata, asalkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M tadi secara ketat dan disiplin,” tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US