The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

 BMKG Sebut Banjir Masih Berpotensi Di Utara-Timur Aceh
Ilustrasi. Banjir sedalam 50 centimeter yang merendam tiga gampong di Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Senin (11/5/2020) malam. (photo/dok.BPBD Aceh Utara)
News

BMKG Sebut Banjir Masih Berpotensi Di Utara-Timur Aceh

Rabu, 13 Mei 2020 20:32 WIB 13 Mei 2020, 20:32 WIB

INDOZONE.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, bahaya banjir masih berpotensi terjadi di pesisir utara-timur Aceh, karena hadirnya tekanan rendah di wilayah tersebut yang mengakibatkan turunnya hujan sedang hingga lebat.

"Kalau kita lihat dalam dua hari ini, masih berpotensi hujan sedang hingga lebat. Ini, dikarenakan masih adanya low pressure di sebelah utara Aceh," ucap Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Metrologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh, Zakaria di Aceh Besar, Rabu (13/5) dilansir dari Antara.

Ia menjelaskan, udara bertekanan rendah di langit provinsi paling barat Indonesia tersebut akibat pengaruh cuaca dari Selat Malaka atau wilayah perbatasan negara jiran Malaysia.

Selain potensi hujan, lanjutnya, juga dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang yang bakal melanda wilayah Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, Lhokseumawe, Bireuen, Bener Meriah, Pidie, dan Pidie Jaya.

"Karena di situ, belokan arah anginnya lebih kentara. Kita melihatnya di radar cuaca yang kita miliki," terangnya.

Sedangkan wilayah barat-selatan Aceh, kata dia, perlu diwaspadai potensi akan bahaya terjadinya longsor, seperti Aceh Barat terutama kawasan Woyla.

"Potensi longsor lainnya di Aceh meliputi Aceh Tengah, Aceh Utara terutama bagian tengah yang melintas ke Bener Meriah, Bireuen, Bener Meriah sendiri, Aceh Tenggara, dan Subulussalam," tuturnya.

Pihaknya juga memastikan, bahwa fenomena alam berupa air pasang laut yang disertai cuaca ekstrem masih aman atau belum terjadi lagi di provinsi berjuluk "Serambi Mekkah" itu.

"Ini kan bulannya sudah mulai menurun ya, kalau kemarin (pekan lalu) bertepatan purnama. Kalau untuk gelombang laut masih tinggi, tapi perairan tertentu saja," terang dia.

"Di antaranya barat-selatan Aceh gelombang mencapai 1 sampai 3 meter, dan Samudera Hindia Barat Aceh 1,5 hingga 3 meter," kata Zakaria Ahmad.


Sebelumnya, viral sebuah video banjir bandang viral di media sosial. Kabarnya, peristiwa itu terjadi di Aceh. Tepatnya kejadian itu terjadi di kawasan Payatumpi, Takengon, Aceh Tengah pada Rabu (13/5).

Namun begitu, hingga berita ini ditayangkan, belum ada konfirmasi dari pihak terkait mengenai peristiwa tersebut.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US