The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Materai Rp10.000 Mulai Berlaku 1 Januari 2021 dan Berlaku untuk Transaksi di Atas Rp5 Juta
Sri Mulyani. (Instagram/@smindrawati)
News

Materai Rp10.000 Mulai Berlaku 1 Januari 2021 dan Berlaku untuk Transaksi di Atas Rp5 Juta

Senin, 07 September 2020 10:46 WIB 07 September 2020, 10:46 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, materai baru Rp10.000 akan berlaku pada 1 Januari 2021. Perubahan itu sendiri, kata Sri Mulyani, dimaksudkan untuk memperbaharui regulasi yang selama 34 tahun belum pernah direvisi.

Keputusan ini juga sudah mendapat restu dari Komisi XI DPR-RI dan akan segera disahkan.

"Hal tersebut dilakukan guna menyesuaikan kebijakan pengenaan Bea Meterai dengan kondisi ekonomi, sosial, hukum, dan teknologi informasi yang telah berkembang sangat pesat, dengan tetap berpegang pada asas kesederhanaan, efisiensi, keadilan, kepastian hukum, dan kemanfaatan,” kata Sri Mulyani saat rapat bersama DPR RI, Kamis (3/9/2020).

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani mengatakan bahwa pembuatan belaid tersebut tidak akan memakan waktu yang lama.

“Meskipun dalam waktu yang sangat singkat, tapi pembahasan ini sudah menghasilkan draft RUU yang komprehensif yang tadi telah disampaikan oleh ketua Panja, (yaitu) 32 pasal dan hal-hal yang sangat penting dalam perubahan dari Undang-Undang yang sebetulnya sudah 34 tahun belum pernah direvisi,” tambah Sri Mulyani.

Tarif materai baru ini akan berlaku untuk seluruh transaksi dengan nominal di atas Rp5 juta. Sri Mulyani juga mengatakan bahwa biaya dokumen usaha mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bawah Rp5 juta tidak perlu menggunakan meterai.

"Ini adalah salah satu bentuk keberpihakan. Ini kenaikan dari yang tadinya dokumen di atas Rp1 juta harus berbiaya meterai," ujar Sri Mulyani, dilansir Antara.

Dengan UU tersebut, Sri Mulyani berharap bisa memberikan kesamaan perlakuan untuk dokumen kertas dan nonkertas.

"Ini sesuai dengan perubahan zaman, sehingga kami berharap dengan UU ini kami bisa memberikan kesamaan perlakuan untuk dokumen kertas dan nonkertas," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US