The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kasihan! Ibu Positif COVID-19 usai Melahirkan, Bayinya Terpaksa Minum ASI Pakai Botol
Kolase foto RSUD Sultan Iskandar Muda Nagan Raya, Provinsi Aceh dan ilustrasi bayi yang baru lahir (ANTARA)
News

Kasihan! Ibu Positif COVID-19 usai Melahirkan, Bayinya Terpaksa Minum ASI Pakai Botol

Minggu, 18 Oktober 2020 19:54 WIB 18 Oktober 2020, 19:54 WIB

INDOZONE.ID - Seorang ibu yang baru saja melahirkan dinyatakan positif COVID-19.

Akibatnya, bayi wanita itu terpaksa minum Air Susu Ibu (ASI) melalui botol sejak sepekan terakhir.

Peristiwa ini terjadi di Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

“Jadi bayi ini terpaksa dipisahkan perawatannya sementara dari sang ibu positif terkonfirmasi COVID-19 setelah hasil pemeriksaan medis terbit,” kata Kepala Satugas Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Nagan Raya Ika Suhannas dilansir dari ANTARA, Minggu (18/10/2020).

Ika tidak menyebutkan jenis kelamin bayi tersebut. Namun menurutnya, pemisahan ruang rawat antara ibu dan bayinya tersebut bertujuan agar sang bayi tidak terpapar virus corona.

Sementara jika bayi tersebut membutuhkan asupan ASI, kata Ika Suhannas, maka petugas medis mengambilnya dari sang ibu dengan cara dipompa. Lalu ASI itu kemudian kepada si bayi di mennggunakan dot.

Ika menjelaskan, pasien berinisial E tersebut harus diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nagan Raya, Aceh, setelah proses persalinan tuntas.

Hingga Minggu (18/10/2020) malam, kondisi sang ibu masih dalam keadaan normal dan tidak membutuhkan alat bantu pernapasan, meski dilakukan perawatan di ruang isolasi khusus pasien COVID-19.

“Jadi kondisi sang bayi juga sangat sehat dan normal, hanya saja sementara harus dipisah perawatannya sampai kondisi sang ibu kembali sehat dan pulih dari virus corona,” kata Ika.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda Fahriza Batubara
JOIN US
JOIN US