Perluas RTH, Anak Buah Anies Dapat Kucuran Anggaran Rp23 Miliar

- Selasa, 2 Maret 2021 | 10:34 WIB
Ilustrasi Taman di Jakarta. (Instagram/kurniawan20dedi).
Ilustrasi Taman di Jakarta. (Instagram/kurniawan20dedi).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota akan berupaya dalam membangun dan menata ruang terbuka hijau (RTH) di sembilan TPU. Anggaran yang dikucurkan sebanyak Rp23,9 miliar untuk total luas 3,97 hektare.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati menyebutkan kalau sembilan TPU tersebut berada di Jakarta Timur, Barat, Selatan, dan juga Jakarta Utara.

“Kita membuat RTH ini sangat konsern karena kewajiban kita di setiap kota menyiapkan dan sudah diamanatkan dalam Undang-Undang," ucap Suzi, Selasa (2/3/2021).

BACA JUGA: Setahun Pandemi, Wagub Riza Patria Klaim DKI Sudah Bisa Kendalikan Covid-19

Adapun perluasan RTH di wilayah Jakarta Timur berada di TPU Ceger, TPU Prumpung, TPU Kober Jatinegara, TPU Pondok Ranggon, dan TPU Kampung Dukuh.

Kemudian, di Jakarta Barat ada di TPU Tegal Alur dan TPU Makam Pahlawan Tegal Alur, lalu di wilayah Jakarta Selatan di TPU Serengseng Sawah, serta di wilayah Jakarta Utara di TPU Rorotan. 

Suzi menjelaskan bahwa dalam hal RTH, pihaknya akan memanfaatkan fasilitas sosial dan umum untuk mengembangkannya. Sehingga, nantinya tidak hanya hijau, melainkan juga bisa dengan bekerjasama dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA).

"Jadi ke depan pengembangan Dinas Pertamanan itu bukan hanya membuat hijau tapi kita mengembangkan biru. Jadi green and blue, jadi di mana ada taman-taman kita itu dibuat (retention farm maupun by Square) yang bisa menampung air," tandasnya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X