Benny Wenda Deklarasi Republik Papua Barat, Fadli Zon Minta Jokowi Jangan Sibuk Urusi HRS

- Rabu, 2 Desember 2020 | 16:09 WIB
Fadli Zon (Youtube/Official Fadli Zon), Presiden Jokowi. (Dok. Kemensetneg)
Fadli Zon (Youtube/Official Fadli Zon), Presiden Jokowi. (Dok. Kemensetneg)

Anggota DPR RI Fadli Zon mempertanyakan tindakan dari pemerintah mengenai deklarasi kemerdekaan Papua Barat yang digaungkan oleh Benny Wenda. Ia menilai hal itu sudah meresahkan Tanah Air.

Maka dari itu pula, ia pun mempertanyakan mengapa pemerintah, khususnya Presiden Jokowi dan Menteri Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD yang dianggapnya masih mengurusi Rizieq Shihab.

"Pak ?@jokowi? , Pak ?@mohmahfudmd? , Panglima TNI, Kapolri, Benny Wenda jelas-jelas sudah nantang RI. Kok masih sibuk urus HRS?" tulis Fadli Zon dalam cuitannya, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga: Kutuk Klaim Deklarasi Pemerintahan Sementara West Papua, DPR Desak Pemerintah untuk Tegas

Seperti diketahui sebelumnya, Benny Wenda menyampaikan deklarasi pembentukan Pemerintah Sementara kami West Papua. Ia pun mengatakan bahwa pihaknya akan mengambil alih wilayah, dan tak tunduk pada pemerintah.

"Mulai hari ini, 1 Desember 2020, kami mulai menerapkan konstitusi kami sendiri dan mengklaim kembali tanah kedaulatan kami," ucap Benny Wenda dalam keterangan tertulis.

Menurutnya, Pemerintah Sementara ini menyatakan kehadiran negara Indonesia di West Papua ilegal, serta menolak hukum apa pun, pengenaan apa pun oleh Jakarta.

"Dan kami tidak akan mematuhinya. Kami menolak perpanjangan 'Otonomi Khusus' di Jakarta, bersama dengan para pemimpin gereja Protestan dan Katolik, kelompok masyarakat, dan 102 organisasi yang mendukung petisi massa menentang pembaruannya," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X