WHO Peringatkan 6 Negara Soal Ancaman Wabah Ebola

- Rabu, 17 Februari 2021 | 09:21 WIB
Pemeriksaan kesehatan di Kongo. (REUTERS)
Pemeriksaan kesehatan di Kongo. (REUTERS)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan enam negara untuk mewaspadai potensi kasus Ebola setelah wabah baru di Guinea dan Republik Demokratik Kongo, kata seorang juru bicara, Selasa (16/2).

Melansir Rappler, Rabu (17/2/2021), otoritas kesehatan bergegas untuk menanggapi kasus di Guinea, ingin mencegah terulangnya wabah terakhir di Afrika Barat, yang menewaskan lebih dari 11.300 orang, sebagian besar di Guinea, Sierra Leone dan Liberia dalam catatan epidemi Ebola terburuk.

"Kami telah memberi tahu enam negara di sekitar, termasuk tentu saja Sierra Leone dan Liberia, dan mereka bergerak sangat cepat untuk mempersiapkan dan bersiap serta untuk mencari kemungkinan infeksi," kata Margaret Harris dari WHO dalam pengarahan di Jenewa.

Harris menambahkan bahwa otoritas kesehatan telah mengidentifikasi hampir 300 kontak Ebola di wabah Kongo dan sekitar 109 di Guinea.

"Kami tidak tahu apakah ini disebabkan oleh Ebola yang bertahan dalam populasi manusia atau hanya berpindah lagi dari populasi hewan, tetapi pengurutan genetik yang sedang berlangsung akan membantu informasi itu," katanya.

Sekadar informasi, virus Ebola dapat menyebabkan perdarahan hebat dan kegagalan organ serta menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh. Virus ini memiliki tingkat kematian yang jauh lebih tinggi daripada Covid-19, tetapi tidak seperti virus corona, virus ini tidak ditularkan oleh pembawa asimtomatik.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X