Begini Replika Masjid Al Aqsha Palestina yang Akan Dibangun di Sukamakmur Bogor

- Senin, 30 November 2020 | 22:19 WIB
Konsep replika Masjid Al Aqsa yang akan dibangun oleh INH di di Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Photo/ANTARA/Tangkapan Layar/M Fikri Setiawan)
Konsep replika Masjid Al Aqsa yang akan dibangun oleh INH di di Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Photo/ANTARA/Tangkapan Layar/M Fikri Setiawan)

Lembaga Kemanusiaan yang aktif di Gaza, Palestina, International Networking for Humanitarian (INH) berencana membangun replika Masjid Al Aqsa di Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Direktur INH, Luqmanul Hakim dalam pertemuan virtual dengan Redaksi LKBN ANTARA, di Bogor seperti yang dilansir dari Antara, Senin (30/11/2020).

"Kami sedang menyiapkan pembebasan lahan untuk pembangunan replika Komplek Masjid Al Aqsha dan Pondok Tahfiz Al Quds Indonesia di Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur," ungkap Luqmanul.

Menurut dia, lahan sekitar dua hektare itu nantinya menjadi pusat pendidikan dan kegiatan umat Islam yang dikemas seperti wisata religi dengan nuansa mirip di Komplek Masjid Al Aqsha, Palestina.

Baca juga: Angka COVID-19 Meningkat, Luhut Pandjaitan: Jangan Ada Kerumunan Lagi dengan Alasan Apapun

Sementara itu, Direktur INH, Muhammad Husein menyebutkan bahwa replika yang akan dibangun tersebut tidak menggambarkan keseluruhan Komplek Masjid Al Aqsha, melainkan hanya lima bangunan, yaitu Masjid Al Qibli, Mushallah An Nissa, Mushallah Al Marwani, dan Kubah Ash Shakharah.

"Kami ingin di situ nantinya jadi tempat warga yang ingin mempelajari sejarah Palestina, sampai merasakan sensasi atau suasana di Masjid Al Aqsha," kata pria yang sudah berdomisili di Gaza, Palestina selama 10 tahun.

Husein berharap apa yang diupayakan oleh INH dan masyarakat Indonesia dapat meringankan beban masyarakat Palestina yang menurutnya kian memasuki masa-masa terberat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X