Tinjau Food Estate di Sumut, Jokowi: Hasilnya Kita Lihat 2 Bulan Lagi

- Selasa, 27 Oktober 2020 | 14:15 WIB
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Sumatera Utara (Sumut) hari ini. Kedatangannya terkait dengan peninjauan ke lahan lumbung pangan atau food estate di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Usai berkeliling di lahan tersebut, Jokowi optimis bahwa dalam kurun waktu kurang lebih dua bulan, lumbung pangan tersebut akan menghasilkan.

Berbeda dengan lumbung pangan yang juga terdapat di Kalimantan Tengah yang ditanami padi dan singkong, di Sumatera Utara akan ditanami kentang, bawang merah, serta bawang putih.

“InshaAllah nanti ini sudah dimulai dan hasilnya kita lihat kira-kira dua bulan, sampai 2,5 bulan kita lihat nanti. Saya rasa kita ingin melihat model business dan proses business yang akan dilakukan di sini seperti apa," ucapnya dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden, Selasa (27/10/2020).

Jokowi pun mengungkapkan bahwa luas lahan lumbung pangan di Sumatera Utara adalah 60.000 hektar, dan yang akan digunakan untuk food estate adalah sebanyak 30.000 hektar.

Selain Humbang Hasundutan, terdapat empat lahan lumbung pangan lainnya di Sumut, yakni tersebar di Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kabupaten Pakpak Bharat.

“Di sini ada luas lahan 60 ribu hektar, dan yang akan digunakan untuk food estate adalah seluas 30 ribu hektar,” terangnya.

Dalam tinjauannya, Jokowi turut didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X