Cegah Penularan Virus COVID-19, PMI Papua Bagikan Ribuan Masker
Sukarelawan PMI Papua bagikan masker pada masyarakat (ANTARA/HO-PMI Provinsi Papua)
News

Cegah Penularan Virus COVID-19, PMI Papua Bagikan Ribuan Masker

Senin, 17 Februari 2020 10:07 WIB 17 Februari 2020, 10:07 WIB

INDOZONE.ID - Pemberian ribuan masker yang dilakukan oleh sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua ini, bertujuan untuk mencegah penularan virus corona atau virus COVID-19.

Tak hanya membagikan ribuan masker, para sukarelawan PMI juga membagikan brosur pendidikan tentang virus COVID-19.

"Kami membagikan sedikitnya 4.000 masker dan brosur, baik kepada masyarakat maupun pengguna kendaraan di Abepura, Jayapura," kata Ketua Harian PMI Papua Zakius Degei di Sukabumi, Jawa Barat, Senin (17/2/2020).

Aksi ini dilakukan oleh para sukarelawan usai berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat, untuk turun ke jalan membagikan masker di Kota Jayapura.

Kegiatan pencegahan ini dipusatkan oleh PMI di dua tempat yakni lampu merah Dok 2 dan Lingkaran Abepura.

Zakius mengatakan, meski di Papua tidak ada kasus COVID-19, namun antisipasi dini harus dilakukan karena bisa menyerang siapa saja.

masker
Aksi pembagian masker untuk warga (ilustrasi/ANTARA FOTO/Rahmad)

Selain membagikan masker dan brosur, para sukarelawan juga mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan seperti rajin mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan masker di tempat umum.

"Ini wabah yang baru, kita tentu perlu meningkatkan kewaspadaan terutama menjaga kebersihan," ujarnya.

Ia juga menambahkan, upaya pencegahan lainnya yang dilakukan oleh PMI ialah memberikan pendidikan, baik kepada pelajar maupun masyarakat umum dan yang terpenting bagaimana menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Zakius mengatakan, pihaknya telah menyiagakan personel untuk memberikan bantuan dan layanan pada warga yang mengalami sakit.

Ia juga mengimbau, warga yang mengalami gejala virus COVID-19, untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan atau bisa menghubungi pihak PMI.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Putri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU