Sukses Beri Modal Pada Perempuan Desa, Ini Profil Stafsus Andi Taufan
Andi Taufan Garuda Putra bersama para mitra usaha Amartha. (Amartha).
News

Sukses Beri Modal Pada Perempuan Desa, Ini Profil Stafsus Andi Taufan

Bekerja dan berkaryalah.

Kamis, 21 November 2019 18:31 WIB 21 November 2019, 18:31 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo memilih 7 Staf Khusus (Stafsus) yang bakal mendampinginya dalam lima tahun mendatang. Para milenial ini, menjadi jawaban janji Jokowi yang ingin melibatkan talenta muda di periode keduanya. 

Salah satu milenial yang jadi staf khusus adalah Andi Taufan Garuda Putra, Pendiri dan CEO Amartha, perusahaan pionir teknologi finansial peer to peer lending (tekfin p2p lending) yang menghubungkan pendana di perkotaan dengan perempuan pengusaha mikro di pedesaan melalui teknologi.

Saat ini, Andi Taufan Garuda Putra berumur 32 tahun. Ia didaulat Jokowi untuk mengembangkan inovasi. Lewat Amartha, Andi mengembangkan bisnis sosial demi mendorong percepatan inklusi keuangan terutama untuk ekonomi informal serta masyarakat piramida terbawah di pedesaan terutama perempuan.

Pria yang akrab disapa Taufan ini, lahir di Jakarta, 24 Januari 1987. Ia merupakan lulusan Sarjana Bisnis, Institut Teknologi Bandung dan Master of Public Administration, Harvard Kennedy School. 

Sebelumnya, dikenal sebagai CEO Amartha, Taufan pernah bekerja sebagai konsultan bisnis untuk IBM Global Business Services selama hampir dua tahun.

Perusaahaan Amartha ini, telah menyalurkan Rp1,6 triliun kepada lebih dari 340 ribu mitra di 5.400 pedesaan. Salah satu apresiasinya adalah sebagai Tekfin dari Asia Tenggara yang mendapatkan penghargaan di SDG Finance Geneva Summit 2019 oleh United Nations Development Programme (UNDP) atau Badan Program Pembangunan PBB sebagai perusahaan yang masuk dalam kategori Growth Stage Impact Ventures (GSIV).

"Amartha berbangga dan mendukung pendiri dan CEO Amartha sebagai Staff Khusus Presiden. Berdasar pada pengetahuan, pengalaman dan kepemimpinan Taufan selama hampir 10 tahun di Amartha dan memajukan sektor UMKM, tentu dapat memberikan kontribusi, terobosan dan inovasi guna mendukung kemajuan ekonomi digital di Indonesia,” ujar Aria Widyanto, Chief Risk and Sustainability Officer Amartha.

Artikel Menarik Lainnya:
 

TAG
alwan
Alwan Ridha R
alwan

Alwan

Writer
Alwan Ridha R

Alwan Ridha R

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU