Anak Mantan Presiden Hingga Kepala BIN Jadi Anggota DPR RI

- Selasa, 1 Oktober 2019 | 19:49 WIB
(Kolase/Instagram/Pribadi)
(Kolase/Instagram/Pribadi)

Sebanyak 575 politisi terpilih dari Pemilu Legislatif 2019, resmi dilantik sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10).

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomo 98/p/2019 tentang peresmian anggota DPR RI Periode 2019-202 oleh Sekjen DPR Indra Iskandar.

Berikutnya, prosesi pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah yang dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali, didampingi sejumlah tokoh agama dari masing-masing agama. 

"Patut saya ingatkan, bahwa sumpah atau janji yang akan saudara-saudara ucapkan, mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia. Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945. Sumpah dan janji ini adlaah terhadap Tuhan YME dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran," tegas Hatta sebelum memulai pengambilan sumpah.

Dari 575 politisi yang dilantik sebagai anggota DPR RI hari ini, tujuh di antaranya merupakan politisi muda, anak dan kerabat sejumlah pejabat, politikus hingga tokoh di Tanah Air.

Berikut politisi muda tersebut yang dilantik hari ini menurut pantauan Indozone:

1. Puan Maharani

-
(Instagram/@puanmaharani)

 


Politikus wanita dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah V, meliputi Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora. Putri Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri ini sebelumnya menjabat sebagai Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

2. Dave Akbarshah Fikarno

-
(Instagram/@davefikarno)

 


Pria yang akrab disapa Dave Laksono ini, merupakan putra politikus senior Partai Golkar Agung Laksono. Seperti sang ayah, Dave juga bergabung dengan Partai Golkar. Ia terpilih dari Daerah Pemilihan Jawa Barat VII, meliputi Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon.

3. Edhie Baskoro Yudhoyono

-
(Instagram/@ibasyudhoyono)

 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X