Sejarah di Balik Perayaan Hari Binatang Sedunia

- Kamis, 10 Oktober 2019 | 15:36 WIB
REUTERS/Eloisa Lopez
REUTERS/Eloisa Lopez

Banyak orang yang tak menyadari bahwa hari Kamis (04/10/19) lalu diperingati sebagai Hari Binatang Sedunia. Banyak cara yang dilakukan orang-orang dan komunitas pecinta binatang untuk merayakan hari tersebut.

Misalnya saja di Korea Selatan, para pecinta binatang membuat sebuah petisi agar presiden Moon Jae-in melarang seluruh warganya untuk mengkonsumsi hewan khususnya anjing.

-
REUTERS/Eloisa Lopez

Setiap negara memiliki cara tersendiri untuk merayakan Hari Binatang dengan tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan kesadaran semua orang bahwa hewan juga berhak untuk hidup sejahtera. Lewat Hari Binatang tersebut, para pecinta binatang mampu meningkatkan kenyamanan dan keselamatan hewan dan menjadikan dunia sebagai tempat yang aman dan nyaman.

Sampai saat ini, kita masih sering melihat hewan-hewan mendapatkan perlakuan kasar dan tak manusiawi dari manusia. Tidak hanya menelantarkan, sebagian orang bahkan tega menghancurkan habitatnya.

-
REUTERS/Eloisa Lopez

Peringatan Hari Binatang Sedunia ini berawal dari ide seorang penulis majalah "Mensch und Hund" (Man and Dog) di Berlin. Hal ini sebagai ungkapan rasa cintanya kepada binatang. Pria yang bernama Heinrich Zimmermann ini menggelar  Hari Binatang Sedunia pada 24 Maret 1925.

Acara yang digelar di sebuah gedung serba guna ini dihadiri oleh 5000 orang. Tanggal ini dipilih karena merujuk pada perayaan Santo Fransiskus Assisi yang dikenal sangat mencintai alam. Tapi perayaan ini gagal karena tak mendapatkan tempat. Akhirnya peringatan Hari Binatang Sedunia baru bisa dilaksanakan pada 4 Oktober untuk pertama kalinya pada tahun 1929. Perayaan Hari Binatang Sedunia ini hanya diikuti oleh pecinta binatang dari Jerman, Austria, Swiss dan Cekoslowakia.

-
REUTERS/Eloisa Lopez

Meski saat itu Hari Binatang belum dikenal secara luas, namun Zimmermann terus berusaha memperkenalkan Hari Binatang Sedunia. Barulah pada bulan Mei 1931, Kongres Perlindungan Binatang Internasional meresmikan tanggal 4 Oktober sebagai Hari Binatang Sedunia.

Tahun ini, negara Philipina memiliki cara yang unik untuk merayakan Hari Binatang Sedunia. Tepat pada Minggu (06/10/19), hari binatang dirayakan dengan kontes fashion show yang diikuti oleh para anjing yang lucu bersama dengan tuannya.

-
REUTERS/Eloisa Lopez

Acara yang digelar di Kota Quezon, Metro Manila, Philipina ini menampilkan potret lucu anjing yang mengenakan pakaian dan aksesoris yang unik dan menarik. Tidak hanya anjing, ada pula kucing yang mengikuti kontes ini.

Para pecinta hewan tersebut mendandani hewan peliharannya sedemikian rupa agar terlihat cantik. Ada yang memakaikan hewannya dengan gaun panjang bermotif mewah, menggunakan bando lucu di atas kepala, hiasan di bagian leher yang membuat penampilannya semakin apik, menggunakan mahkota dengan kesan elegan dan warna baju yang sama dengan hewan peliharannya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X