Ekonom: Siapapun Presidennya, Harga BBM Akan Tetap Naik(photo/DOK/RADAR NUNUKAN)

Ekonom: Siapapun Presidennya, Harga BBM Akan Tetap Naik

INDOZONE.ID - Tahun depan harga BBM bersubsidi dipastikan akan naik. Hal ini dikarenakan harga minyak mentah dunia yang terus mengalami kenaikan.

Ekonom Bank Danamon, Wisnu Wardana, pergantian presiden tak akan mempengaruhi kestabilan harga BBM di Indonesia. Dia mengatakan, siapapun presidennya, harga BBM akan tetap naik.

"BBM di 2019 akan dinaikkan, tapi kalau nanya kapan dinaikkannya, tergantung hasil pemilu," kata Wisnu dalam paparan proyeksi ekonomi 2019 di Menara Danamon, Jakarta, Kamis (6/12), melansir merdeka.

Wisnu memprediksi, jika Jokowi menang di 2019, maka harga BBM dipastikan akan langsung naik. Lalu jika Prabowo menang, harga BBM tetap akan naik namun sedikit lambat karena harus menunggu pelantikan terlebih dahulu.

"Kalau yang menang yang sekarang, harus nunggu diumumin menang. Kalau yang menang yang lain, nunggu dulu ya, Oktober paling," ujarnya.

Kenaikan BBM sebesar RP 500 akan memberikan dampak inflasi yang cukup besar. "Akan memberikan tambahan inflasi sejumlah 0,7 persen," tutupnya.