Dua WNI Ditahan di Meksiko Karena Merusak Benda KunoLonely Planet

Dua WNI Ditahan di Meksiko Karena Merusak Benda Kuno

INDOZONE.ID - Dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) ketahuan merusak benda kuno yang berada di Museum La Venta, Meksiko. Mereka pun langsung ditahan di Kejaksaan Meksiko sejak tanggal 3 Oktober kemarin. Hal ini dibenarkan oleh pejabat KBRI Mexico City.

"Betul. Mereka sudah ditahan sekitar pukul 18.00 sore (waktu setempat). Mereka dituduh merusak benda cagar budaya di La Venta," kata pejabat konsuler KBRI Mexico City Rendra Kusumawardhana, dilansir dari Medcom, Jumat 5 Oktober 2018.

KBRI akan berusaha menyelesaikan masalah ini dan memberikan pendampingan terhadap dua pelaku. Selain itu, KBRI juga akan mengirimkan penerjemah. Rendra menceritakan kedua WNI ini melakukan perjalanan wisata ke Meksiko, tapi malah meneteskan minyak ke benda kuno.

Gara-gara aksinya ini, petugas keamanan Museum La Venta di Villahermosa, Meksiko langsung menangkap mereka. Mereka akan dijerat Pasal 52 Undang-Undang Federal tentang Monumen, Arkeologi dan Zona Sejarah tentang merusak benda kuno.

Pihak museum juga kecewa dengan tindakan turis asal Indonesia ini yang merusak benda bersejarah. Karena itu, museum akan segera meneliti sejauh mana kerusakan dan secepatnya melakukan restorasi.