Mahasiswa Papua yang Berprestasi di Luar Indonesia

- Selasa, 20 Agustus 2019 | 17:31 WIB
ANTARA FOTO/Novrian Arbi
ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Di tengah isu rasis dan persekusi yang menyelimuti mahasiswa Papua, putra-putri kelahiran Bumi Cendrawasih ini memiliki prestasi yang membanggakan. 

Mulai dari predikat Cum Laude hingga menjadi pilot wanita pertama asal Papua di maskapai Garuda Indonesia. Diantaranya yakni Sherina Fernanda Msen, Vanda Astri Korisano dan Martha Itaar. 

Sherina merupakan salah satu mahasiswi Papua yang mengeyam pendidikan di Universitas Corban Oregon, Amerika Serikat (AS). Ia mengharumkan nama Indonesia karena lulus dengan Magna Cum Laude atau predikat kehormatan, Mei 2019.

Sama seperti Sherina, Yafeth Werijo yang mengambil jurusan Ministry Linguistics, juga sukses mendapatkan penghargaan lulusan terbaik di Universitas 'Negeri Paman Sam'.

Pilot Wanita Pertama

Vanda Astri Korisano dan Martha Itaar, merupakan pilot wanita ab-initio pertama di Garuda Indonesia yang berasal dari Papua.

Keduanya lulusan dari Nelson Aviation Collage, New Zealand yang menerima beasiswa dari dana Otonomi Khusus (Otsus) Pemerintah Provinsi Papua.

Sebelumnya, Vanda dan Martha bersekolah di Ganesa Flight Academy, Jakarta dan telah mengantongi lisensi penerbangan dari Direktorat Jendral Perhubungan Udara.

Saat menjadi mahasiswa, mereka pernah mendapatkan penghargaan sebagai penerbang terbaik untuk mahasiswa Internasional. Penghargaannya antara lain adalah Private Pilot License, Commercial Pilot License dan Multi Engine Instrument Rating.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X