Hari Pertama Jadi Plt Menhub, Luhut: Sterilisasi Kantor Kemenhub!

- Senin, 16 Maret 2020 | 21:38 WIB
Plt Menteri Perhubungan Luhut Binsar Pandjaitan/kiri (ANTARA/Sigid Kurniawan)
Plt Menteri Perhubungan Luhut Binsar Pandjaitan/kiri (ANTARA/Sigid Kurniawan)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelaksana tugas (Plt) Menteri Perhubungan, menyusul Menhub Budi Karya Sumadi yang tengah menderita sakit, akibat terpapar virus corona (Covid-19). 

Pada hari pertama sebagai Plt Menhub, Luhut mengatakan sudah berkoordinasi dengan seluruh Dirjen di lingkungan Kementerian Perhubungan melalui teleconference. Ia mengungkapkan, instruksi pertama yang dikeluarkan olehnya yaitu melakukan disinfeksi seluruh ruangan di kantor Kemenhub. 

"Ini tadi baru selesai teleconference, kemarin sudah bicara dengan para dirjen melalui video call, semua itu memberi intruksi misalnya kebersihan di kantor Kemenhub semua kita lakukan, kemudian kedua siapa yang kontak langsung pada pak Budi Karya waktu dua minggu terakhir. Semua hari ini sudah tes di RSPAD untuk memastikan mereka bersih," ujar Luhut dalam konferensi pers, Senin (16/3/2020). 

Selain itu, Luhut juga menyebut telah meminta agar kantor Kemenhub dipasangi alat pendeteksi thermal tubuh, sebagai langkah mitigasi penyebaran virus corona

"Kemudian tadi desinfektaan juga diintruksikan kemarin sore, memang masih ada kurang. Sekarang saya cek untuk juga termal dan juga scanning itu kalau bisa buatan dari dalam negeri di Bandung, kita dorong dikerjakan segera," tuturnya. 

Luhut juga meminta kepada seluruh pejabat Kementerian Perhubungan untuk memastikan transportasi umum tetap beroperasi dan melayani masyarakat. Ia pun meminta agar jangan sampai ada penumpukan penumpang di shelter Transjakarta maupun Stasiun MRT, guna mencegah penyebaran virus corona. 

"Ini barusan selesai lima menit lalu telecoference dengan semua pejabat dan menyangkut angkutan dan perhubungan untuk tidak ada pengurangan, malah kalau perlu ditambah karena terjadi ada beberapa tempat peningkatan penumpang juga. Kita tidak mau penumpang itu kereta MRT misal nya berdesakan karena salah satu penularan dari corona ini," jelasnya. 

Dilaporkan sebelumnya, Kementerian Perhubungan hari ini telah melakukan sterilisasi di seluruh ruangan kerja sebagai tindak lanjut dari arahan Menhub Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan.

Juru Bicara Kemenhub,  Adita Irawati, di Jakarta, Senin (16/3/2020) menyebutkan bahwa hal itu merupakan upaya preventif penyebaran virus corona, yakni dengan menjaga kebersihan lingkungan kantor, agar pelayanan publik di Kemenhub dapat terus berjalan dan pegawai maupun masyarakat yang datang ke kantor Kemenhub merasa aman dan nyaman.

“Kami sudah lakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan ke seluruh ruangan mulai dari ruang kerja bapak Menhub, seluruh ruang pegawai Kemenhub, sampai ke ruang pelayanan terpadu satu atap yang ada di Kemenhub,” jelas Adita.

Adita juga menjelaskan, Kemenhub bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta tengah melakukan tes swab kepada jajaran Kemenhub yang pernah berinteraksi dengan Menhub selama 14 hari terakhir.

“Kami memastikan  seluruh layanan di kantor Kemenhub dapat terus berjalan seperti biasa dengan tetap menjaga kebersihan sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan," pungkasnya.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X