DPRD DKI Jawab Kritik Pedas Erick Thohir soal Program Rumah DP 0%

- Kamis, 30 Januari 2020 | 19:02 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir mengkritik program Rumah DP 0% (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Menteri BUMN, Erick Thohir mengkritik program Rumah DP 0% (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Muhammad Taufik, menjawab kritikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, tentang program rumah down payment (DP) atau uang muka 0%. 

Taufik menegaskan program rumah DP 0% tetap berlanjut untuk warga DKI. Program yang digagas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, itu pun masih berjalan hingga saat ini. 

"(Tetap) lanjut. Pak Erick, saya kira Pak Menteri, DP 0% di Jakarta tuh perlu. Ini bukan soal didik-mendidik, tetapi soal kebutuhan," kata Taufik kepada awak media di Jakarta, Kamis (30/1/2020). 

Taufik menilai masih banyak warga Jakarta yang kebutuhan primer terkait papan belum terpenuhi. Dia menganggap program rumah DP 0% pun tidak salah dihadirkan ke publik. 

"Sekarang swasta banyak (utama bank) yang pakai DP 0%. Itu untuk kebutuhan papan warga Jakarta," jelasnya. 

Taufik mengakui masih banyak warga DKI yang belum ikut program rumah DP 0%. Dia pun tidak tahu jumlah atau persentasenya. Namun, situasi itu tidak bisa menjadi landasan untuk menghentikan program tersebut. 

"Saya belum punya data akuratnya, 60% (warga DKI Jakarta) masih ngontrak, mungkin ya," tutur Taufik. 

"Kan bertahap. DP 0% tuh yang kita minta syarat banknya mesti dikurangi. Misalnya, Anda kredit motor, kan di dalam aturan BI tidak boleh ada kredit dan kredit. Nah itu saya bilang kurangi syaratnya," lanjut Taufik. 

Sebelumnya, Erick Thohir berpandangan program rumah DP 0% tidak mendidik generasi muda Indonesia untuk menabung dan bertanggung jawab.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X