Mengejutkan Fakta Rektor Prof Kuncoro yang Panggil BEM UI, Merangkap Jabat Wakil Komut BRI

- Senin, 28 Juni 2021 | 17:53 WIB
Rektor Universitas Indonesia Prof Ari Kuncoro. (Foto/UI)
Rektor Universitas Indonesia Prof Ari Kuncoro. (Foto/UI)

Sosok Rektor Universitas Indonesia Prof Ari Kuncoro yang memanggil Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI setelah mengkritik kebijakan Presiden Joko Widodo menuai sorotan.

Prof Ari Kuncoro pun kemudian menjadi sasaran hingga rangkap jabatannya sebagai wakil komisaris di bank BUMN kini menjadi perhatian sejumlah kalangan.

Fadli Zon politisi Partai Gerindra pun kemudian angkat bicara soal rangkap jabatan hingga mengkaitkan dengan situasi keuangan negara yang terancam bangkrut.

"Bagaimana tak bangkrut, byk pejabat rangkap jabatan n pendapatan dr negara. Rektor UI pilih salah satu aja mau jadi Rektor atau mau jd Komisaris BUMN?," kata Fadli Zon.

Lalu siapa sebenarnya sosok Prof Ari Kuncoro? Berdasarkan beberapa sumber, berikut fakta Rektor UI:

1. Bergelar doktor Ekonomi dari Brown University

Prof. Ari Kuncoro lulus dari Fakultas Ekonomi UI pada tahun 1986 lalu. Setelahnya, pria kelahiran tahun 1962 ini menyelesaikan gelar master pada tahun 1990 dengan konsentrasi Development Economics di University of Minnesota, Amerika Serikat (AS).

Hingga akhirnya, ia menamatkan gelar S3 di bidang ekonomi dari Brown University pada tahun 1994 silam. 

2. Fokus jadi peneliti ekonomi UI

Setelah menyelesaikan studi, Ari akhirnya kembali ke Indonesia dan mulai menjadi peneliti di LPEM-FEUI sejak tahun 1994 silam.

Selain itu dirinya juga sempat menjadi sekretaris di program Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi UI pada tahun 1986 silam. Ari juga sempat menjadi Dekan FEB UI. 

3. Dosen tamu di berbagai Universitas ternama

Dengan berbagai pencapaian tersebut, tak heran jika Ari juga sempat menjadi dosen tamu di berbagai universitas dunia.

Selain itu, Ari juga masih menjadi dosen sejumlah mata kuliah di FE UI. Beberapa mata kuliah yang diampu olehnya adalah Makroekonomi dan Mikroekonomi.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X