Gedung Pencakar Langit Tertinggi di China Berguncang, Pengunjung Panik dan Berlarian

- Rabu, 19 Mei 2021 | 10:46 WIB
SEG Plaza bergoyang meski tak ada gempa (Mirror/Wikipedia)
SEG Plaza bergoyang meski tak ada gempa (Mirror/Wikipedia)

Salah satu gedung pencakar langit tertinggi di China dievakuasi setelah mulai berguncang, hal ini membuat pengunjung panik berlarian untuk menyelamatkan diri.

SEG Plaza, yang berdiri di ketinggian 980 kaki, mulai berguncang secara tak terduga sekitar pukul 1 siang.

Pejalan kaki di jalanan terlihat dengan mulut ternganga setelah bangunan besar yang terletak di selatan kota Shenzhen, mulai bergoyang secara misterius.

Dikutip dari Mirror, bangunan itu kemudian ditutup pada menurut laporan media lokal dan tidak ada yang terluka, tapi pihak berwenang tidak tahu mengapa bangunan tersebut bisa bergoyang.

Tidak ada gempa bumi yang tercatat dan pejabat manajemen darurat sekarang menyelidiki apa yang menyebabkan menara di distrik Futian Shenzhen itu goyah, menurut sebuah posting di platform Weibo, situs media sosial yang mirip dengan Twitter.

-
Pengunjung panik berlarian untuk menyelamatkan diri (Mirror)

Laporan cuaca lokal mencatat kecepatan angin 27mph pada saat itu, yang tidak cukup kuat untuk menyebabkan gerakan tersebut, dikutip dari Daily Mail.

"Setelah memeriksa dan menganalisis data dari berbagai stasiun pemantau gempa di seluruh kota, tidak ada gempa bumi di Shenzhen hari ini," kata pernyataan di Weibo.

Video pengamat yang diterbitkan oleh media lokal di Weibo menunjukkan gedung pencakar langit itu berguncang di atas fondasinya saat ratusan pejalan kaki yang ketakutan melarikan diri.

Belum jelas bagaimana pihak berwenang akan menangani bangunan berbahaya dengan skalanya di jantung kota dengan lebih dari 12 juta penduduk.

SEG Plaza dinamai sesuai dengan produsen semikonduktor dan elektronik Shenzhen Electronics Group, yang kantornya berada di gedung tersebut, selesai dibangun pada tahun 2000, dan merupakan rumah bagi berbagai kantor.

Lima dari gedung pencakar langit tertinggi di dunia terletak di Cina, termasuk gedung tertinggi kedua di dunia, Menara Shanghai, yang berdiri di ketinggian 2.073 kaki, dan SEG Plaza adalah menara tertinggi ke-18 di Shenzhen, menurut Council on Tall Buildings and Urban.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X