The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 17 Mei: Proklamasi Kalimantan hingga Hari Buku Nasional
Ilustrasi membaca buku. (Pexels/Freestocks.org)
News

Peristiwa 17 Mei: Proklamasi Kalimantan hingga Hari Buku Nasional

Ini sejarahnya.

Senin, 17 Mei 2021 10:16 WIB 17 Mei 2021, 10:16 WIB

INDOZONE.ID - Tanggal 17 Mei menyimpan peristiwa penting yang menarik untuk diketahui. Mulai dari proklamasi Kalimantan yang menyatakan Kalimantan sebagai bagian dari NKRI hingga lahirnya Hari Buku Nasional.

Berikut Indozone rangkum beberapa peristiwa dan sejarah menarik yang terjadi pada 17 Mei:

1. Proklamasi Kalimantan (1949)

Proklamasi Kalimantan yang dikeluarkan pada 17 Mei 1949 adalah sebuah proklamasi yang menyatakan Kalimantan sebagai bagian tak terpisahkan dari Republik Indonesia (RI). Proklamasi ini dibuat sebagai reaksi atas Perjanjian Linggarjati yang menyatakan hanya pulau Jawa yang merupakan wilayah RI. Perumusan naskah proklamasi dipimpin oleh H. Aberani Sulaiman, dibantu oleh Gt. Aman, Hasnan Basuki, Pangeran Arya, Budi Gawis dan Romansie di Telaga Langsat, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan pada 15 Mei 1949. Kemudian naskah diketik oleh Romansie sebanyak 10 lembar. Dua hari kemudian, teks proklamasi dibacakan oleh Hasan Basri penaikan bendera Merah Putih.

2. Meninggalnya Mama Lauren (2010)

Tanggal 17 Mei juga menjadi hari meninggalnya paranormal terkemuka Tanah Air, Laurentia Pasaribu atau yang lebih dikenal sebagai Mama Lauren. Ia meninggal dunia di usia 78 tahun akibat penyakit paru-paru dan gangguan jantung di RS PGI Cikini. Ia pun dimakamkan di TPU Menteng Pulo, Jakarta Selatan.

BACA JUGA: Belasan Ribu Pemudik di Seluruh Indonesia di Swab, 72 Dinyatakan Reaktif

3. Hari Buku Nasional

Hari Buku Nasional ditetapkan pada 17 Mei 2002 dan digagas oleh mantan Menteri Pendidikan Nasional di era Kabinet Gotong Royong, Abdul Malik Fadjar. Hal ini dilatarbelakangi oleh kondisi masyarakat Indonesia yang saat itu lebih banyak mempertahankan tradisi lisan dibanding kebiasaan membaca. Hari Buku Nasional pun diharapkan dapat mendorong minat baca dan meningkatkan tingkat literasi Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US