Sukses Berantas Penyakit dari Nyamuk, Kota Tidore Dapat Apresiasi dari Menkes

- Rabu, 1 Desember 2021 | 13:17 WIB
Ilustrasi nyamuk. (Pixabay/gloson)
Ilustrasi nyamuk. (Pixabay/gloson)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, terdapat 331 dari 514 kabupatan dan kota di Indonesia yang 'bebas' dari penyakit akibat nyamuk. Namun, baru 32 kabupaten dan kota saja yang benar-benar terbebas dari penyakit tersebut.

Salah satu yang berhasil terbebas dari 4 penyakit yang dibawa oleh nyamuk adalah Kota Tidore Kepulauan.

Menkes pun memberikan apresiasi karena Kota Tidore Kepulauan berhasil terbebas dari penyakit malaria, demam berdarah dengue (DBD),  japanese encephalitis (JE) dan filariasis.

"Kalau teman-teman di Tidore saja bisa, harusnya kota-kota lain bisa juga. Tinggal bagaimana daerah lain mau rendah hati mengikuti program yang dilakukan Tidore dan Tidore juga dengan besar hati mensharing upaya yang bisa ditiru," kata Menkes Budi, Selasa (30/11).

Menkes pun meminta kepada jajarannya agar mempelajari lebih jauh bagaimana program serta upaya yang diterapkan Kota Tidore untuk menekan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, agar selanjutnya program tersebut bisa disosialisasikan di berbagai kota lain.

"Tugas kita di Kemenkes melakukan sosialisasi dari apa yang sudah dilakukan oleh teman-teman di Tidore ke seluruh kabupaten dan kota lain," kata Menkes.

"Besar harapan saya, teman-teman di Kemenkes bisa mendorong agar empat penyakit tadi bisa terus di tekan," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X