Polantas Palak Sekarung Bawang, Kompolnas: Harusnya Dipecat!

- Rabu, 3 November 2021 | 12:27 WIB
Viral polisi palak sopir truk di Tangerang minta bawang. (Twittter/pasifisstate)
Viral polisi palak sopir truk di Tangerang minta bawang. (Twittter/pasifisstate)

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) angkat bicara terkait aksi oknum polisi lalu lintas (polantas) yang viral kemarin karena meminta satu karung bawang untuk menggugurkan tilang di Tangerang. Kompolnas menilai aksi tersebut sangat memalukan.

"Tindakan tersebut sangat memalukan," kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/11/2021).

Poengky sendiri menyambut baik langkah Polda Metro Jaya yang langsung mencopot jabatan oknum polisi tersebut. Namun, dia menyebut tindakan seperti itu harus diberikan tindakan tegas berupa pidana bahkan pemecatan, tidak hanya pencopotan jabatan.

"Seharusnya pelaku praktik-praktik pungli seperti itu dihukum pidana dan dipecat agar ada efek jera bagi pelaku," beber Poengky

Lebih jauh dia menyebut Kompolnas menunggu hasil akhir dari sidang etik oknum polisi tersebut. Sebab, kasus tersebut masih berproses hingga saat ini.

"Saat ini yang bersangkutan sudah dicopot dari jabatannya oleh Kapolda dan sedang diperiksa Propam. Kita tunggu hasil pemeriksaan Propam apakah yang bersangkutan akan diproses pidana, etik atau disiplin," kata Poengky.

Seperti diketahui, sebuah video viral di media sosial menampilkan aksi polantas yang sedang meminta satu karung bawang ke sopir truk di Tangerang. Sopir tersebut mengaku terkena tilang oleh oknum polisi tersebut.

"Aku sendiri minta maaf bos, aku kena tilang tapi dimintai bawangnya satu karung tuh bos. Nih saya dimintai satu karung, dikasih uang Rp100 ribu nggak mau, mintanya satu karung bawang," kata perekam video dalam video yang viral.

BACA JUGA: Polisi Periksa Karyawan hingga Manager Terkait Kebakaran Pabrik Korek di Tangerang

Propam Polda Metro Jaya sendiri kini tengah meneriksa oknun polisi tersebut. Polda Metro juga mencopot jabatan oknum tersebut dan menariknya ke Bintara Yanma Polda Metro Jaya dalam rangka pemeriksaan.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X