Jokowi Resmi Lantik 2 Menteri dan Kepala BRIN, Nadiem Masih Aman

- Rabu, 28 April 2021 | 15:45 WIB
Presiden Jokowi melantik dua menteri dan satu kepala lembaga di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/4/2021). (YoutubeSetpres)
Presiden Jokowi melantik dua menteri dan satu kepala lembaga di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/4/2021). (YoutubeSetpres)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik dua menteri dan satu kepala lembaga pada hari ini, Rabu (28/4/2021) di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Dua menteri itu adalah Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Menristek-Ristek, dan Menteri Investasi, yakni Bahlil Lahadalia. Nadiem sendiri yang belakangan dikabarkan bakal didepak dari kabinet, rupanya masih aman.

Pelantikan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 72B tahun 2021 tentang pembentukan dan pengubahan kementerian serta pengangkatan beberapa menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Kemudian, Jokowi juga melantik Kepala Badan Ristek dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko. Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 19 M Tahun 2021.

Sebelum dilantik, kedua menteri dan satu kepala lembaga tersebut melakukan pengambilan sumpah. Janji jabatan itu dilakukan dengan diucapkan setelah Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945, serta akan menjalankan segala aturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” begitu ucap sumpah yang dilakukan.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X