The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bahlil Sebut Belanda Masuk Jajaran Lima Besar Investor Utama di Indonesia
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/6/2021). (photo/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
News

Bahlil Sebut Belanda Masuk Jajaran Lima Besar Investor Utama di Indonesia

Selasa, 27 Juli 2021 17:01 WIB 27 Juli 2021, 17:01 WIB

INDOZONE.ID - Belanda disebut masuk dalam jajaran lima besar investor yang paling banyak menanamkan modal di Indonesia sepanjang semester I 2021.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebutkan, masuknya Belanda dalam peringkat lima besar menggeser dominasi negara-negara Asia yang biasanya merajai investasi di Indonesia.

"Singapura masih tetap di nomor satu, diikuti Hong Kong, China, Belanda masuk empat besar lalu Korea. Paten kali ini, jadi tidak ada lagi dominasi Asia-Asia saja," katanya dalam paparan realisasi investasi secara daring di Jakarta, Selasa (27/7) dikutip dari ANTARA.

Berdasarkan catatan Kementerian Investasi/BKPM, sepanjang periode Januari-Juni 2021, Singapura menduduki peringkat pertama negara yang paling banyak merealisasikan investasi sebesar 4,7 miliar dolar AS.

Di posisi kedua ada Hong Kong dengan investasi mencapai 2,3 miliar dolar AS, kemudian China sebesar 1,7 miliar dolar AS, Belanda 1,3 miliar dolar AS dan Korea Selatan 1,1 miliar dolar AS.

Baca juga: Kemenag Akan Lobi Arab Saudi Agar Jamaah Umrah Indonesia Tak Harus Karantina 14 Hari

Sementara itu, berdasarkan data triwulan II 2021, Singapura berada di urutan pertama dengan realisasi investasi sebesar 2,1 miliar dolar AS, Hong Kong 1,4 miliar dolar AS, Belanda 1,1 miliar dolar AS, Jepang 700 juta dolar AS dan Tiongkok 600 juta dolar AS.

"Di kuartal I kemarin yang masuk lima besar itu Swiss. Kemudian di kuartal II, Belanda nyodok ke tiga besar. Artinya, ini sebuah pesan yang positif bagi kepercayaan dunia internasional, khususnya Eropa kepada Indonesia," ujar Bahlil.

Sama halnya seperti Singapura, Belanda menjadi hub investasi Eropa setelah Inggris keluar dari Uni Eropa (Brexit).

Kementerian Investasi/BKPM mencatat hingga Semester I 2021, realisasi investasi mencapai Rp442,8 triliun, atau sebesar 49,2 persen dari target yang ditetapkan Presiden Jokowi sebesar Rp900 triliun.

Realisasi investasi itu terdiri dari realisasi PMA sebesar Rp228,5 triliun (51,6 persen) dan realisasi PMDN sebesar Rp214,3 triliun (48,4 persen).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US