The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Survei Capres dan Cawapres 2024, Erick Thohir Bisa Jadi Figur Kunci
Menteri BUMN Erick Thohir. (Dok BUMN)
News

Survei Capres dan Cawapres 2024, Erick Thohir Bisa Jadi Figur Kunci

Satu-satunya menteri berpeluang jadi Cawapres

Senin, 04 April 2022 19:03 WIB 04 April 2022, 19:03 WIB

INDOZONE.ID - Hasil survei Indikator Politik Indonesia nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi tokoh yang menarik perhatian. Dia dinilai berpotensi menjadi penentu kemenangan pada Pilpres 2024.

Dalam hasil survei itu, Erick Thohir memiliki popularitas dan elektabilitas yang terus meningkat. Erick juga mendominasi pilihan publik, baik di simulasi pilpres 3 pasangan, maupun 2 pasangan.

Erick Thohir juga laku keras sebagai kandidat potensial wakil presiden. Pada simulasi 3 pasangan, Erick Thohir unggul bila disandingkan dengan Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 32,2 persen, maupun Prabowo Subianto elektabilitas 31 persen.

Sementara untuk simulasi 2 pasangan, Erick Thohir kembali unggul bila disandingkan dengan Prabowo, dengan mendapatkan elektabilitas 47,5 persen, atau dengan Ganjar sebesar 41,8 persen. Sedangkan dengan Anies Baswedan mendapatkan elektabilitas 41,1 persen.

Sosok Kunci

Mengenai hal tersebut, Direktur Executive Partner Politik Indonesia AB Solissa mengatakan, Erick bisa menjadi kunci yang menentukan bagi konfigurasi pasangan calon.

Baca juga: Review 'Sonic The Hedhog 2': Petualangan dan Keluarga Terbaru untuk 'Blue Justice'

Artinya, kata Solissa, Erick Thohir dipasangkan dengan siapapun peluang menangkan Pilpres sangat besar.

“Dengan siapa pun Erick Thohir dipaketkan, Prabowo, Ganjar maupun Anies, tingkat elektabilitasnya relatively punya peluang menang,” ujar Solissa kepada wartawan, Senin (4/4/2022).

Mantan Presiden klub Inter Milan ini punya peluang besar di Pilpres 2024, jika merujuk pada beberapa hasil survei dari lembaga kredibel nama Erick Thohir selalu muncul. 

“Erick Thohir punya kans cukup besar untuk masuk dalam gelanggang kontestasi Pilpres 2024. Nama Erick juga kerap muncul di radar survei sebagai capres maupun cawapres potensial,” tutur Solissa.

Satu-satunya Menteri Berpotensi Jadi Cawapres

Maka dari itu, dia memandang Erick Thohir merupakan satu-satunya menteri yang memiliki peluang besar maju sebagai Cawapres di Pilpres 2024, karena kinerjanya selama menjabat Menteri BUMN cukup baik.

“Memang harus diakui, Erick Thohir merupakan satu-satunya menteri yang berpeluang maju sebagai cawapres di pemilu 2024 dikarenakan tingkat popularitas dan elektabilitasnya cenderung naik. Hal ini juga disebabkan karena kinerja Erick Thohir juga cukup baik dalam membenahi Kementerian BUMN,” urainya.

Faktor lain yang membuat Erick Thohir menguat, lanjut Solissa adalah kedekatan orang nomor satu di Kementerian BUMN itu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), baik sebelum bergabung dalam pemerintahan hingga menjabat Menteri BUMN saat ini.

“Faktor lainnya yang perlu dihitung soal kemungkinan peluang Erick Thohir masuk dalam bursa pencapresan 2024 adalah karena kedekatannya dengan Presiden Jokowi,” ungkapnya.

Hal menarik lainnya, nama Erick Thohir kini bersaing dengan nama-nama besar, baik dari partai politik maupun non partai, seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Agus Harimurti Yudhoyono, Airlangga Hartarto dan Puan Maharani, Sandiaga Uno, Anies Baswedan, hingga Ridwan Kamil.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Rachmat Fahzry
Harits Tryan Akhmad

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US