Firli Bahuri Yakin Korupsi Bakal Musnah Jika Semua Penegak Hukum Bersatu

- Sabtu, 13 November 2021 | 15:26 WIB
Ketua KPK, Firli Bahuri. (photo/ANTARA)
Ketua KPK, Firli Bahuri. (photo/ANTARA)

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri percaya bahwa korupsi di Indonesia akan hilang jika semua Aparat Penegak Hukum (APH) bersatu. Firli berharap semua penegak hukum bersinergi dan saling membantu dalam menangani perkara korupsi.

"Kalau semua APH bersatu, tidak ada lagi korupsi di Indonesia," ujar Firli saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Aparat Penegak Hukum di Jawa Tengah melalui keterangan resminya, Sabtu (12/11/2021).

Ia mengatakan, aparat penegak hukum harus benar-benar bersinergi agar upaya melawan korupsi efektif dan efisien. Menurutnya, perang melawan korupsi sudah jadi tugas semua pihak, terutama para aparat penegak hukum.

Firli menambahkan, upaya pemberantasan korupsi tercantum di UU Nomor 3/1971 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dan UU Nomor 28/1999 tentang penyelenggaraan pemerintahan negara yang bersih dan bebas KKN.

"Inilah wujud semangat anak bangsa untuk perangi korupsi. Tapi, sampai saat ini korupsi masih merajalela," bebernya.

Oleh karena itu, Firli meminta kepada segenap jajaran penegak hukum untuk memperkuat sinergitas sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing. 

"Sampai saat ini tidak ada perkara yang bisa disidangkan tanpa perhitungan kerugian keuangan negara dari BPK atau BPKP. Saya minta kalau ada perkara yang ditangani jaksa atau polisi segera hitung kerugian negaranya," ucapnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X