Soroti Seragam Loreng yang Dikenakan Pejabat Kementan, Anggota DPR: ASN Harus Netral!

- Rabu, 17 November 2021 | 10:19 WIB
Tangkapan layar pejabat Kementerian Pertanian pakai seragam loreng. (Dok. DPR RI)
Tangkapan layar pejabat Kementerian Pertanian pakai seragam loreng. (Dok. DPR RI)

Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera mengatakan semua aparatur sipil negara (ASN) harus bisa menjaga netralitasnya dan bisa menolak ajakan untuk berpolitik ketika masih bertugas.

Hal ini ditekankannya usai beredarnya foto Eselon I Kementerian Pertanian yang mengenakan seragam loreng saat berfoto dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

"Ini perkara besar. Semua ASN harus netral. Di Komisi II kami selalu jaga dan tekankan netralitas ASN, karena itu pilar utama," kata Mardani kepada wartawan, Rabu (17/11/2021).

Dia berujar foto Eselon Kementan tersebut bisa menimbulkan persepsi tidak netral. Seharusnya menurut dia para ASN berani mengatakan tidak atau jangan selalu mengiyakan perkataan menteri apalagi yang berasal dari partai politik.

"Netralitas memerlukan integritas. ASN perlu berani mengatakan 'tidak'. Jangan selalu 'iya', tidak semua permintaan menteri atau pembina dengan jabatan politik diikuti," imbuh Mardani.

Selain itu Mardani menekankan alangkah baiknya semua menteri yang menjabat dapat tetap menjaga netralitasi para ASN di tempat mereka bekerja. Hal ini diperlukan agar para ASN tetap netral dan profesional dalam menjalani tugasnya dan bukan malah menjalankan agenda politik.

"Semua menteri mesti sadar, wajib menjaga ASN netral dan profesional. Jangan ganggu dengan agenda politik baik lokal maupun nasional," tandas Mardani.

BACA JUGA: Penentuan Lokasi Formula E Molor Lagi, PDIP DKI: Tanda Ada yang Tak Beres

NasDem Membantah

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan, bahwa pakaian seragam loreng yang dikenakan aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Pertanian tersebut bukanlah milik Partai NasDem.

Ali menegaskan Partai NasDem tak mempunyai seragam loreng dan hanya punya seragam berwarna biru.

“NasDem enggak punya loreng. NasDem ini cuma punya satu seragam, warna biru,” kata Ali kepada wartawan, Selasa (16/11/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X