Cerita SBY yang Ambil Risiko Besar untuk Jalani Operasi Kanker Prostat

- Selasa, 23 November 2021 | 11:26 WIB
Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. (Instagram/@aniyudhoyono)
Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. (Instagram/@aniyudhoyono)

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, saat ini dirinya masih menjalani pemulihan pasca menjalani operasi besar pengangkatan kanker prostat yang dialami. SBY melakukan operasi di Rumah Sakit Mayo Clinic, Amerika Serikat.

"Saat ini, pasca tindakan medis ini saya masih melakukan pemulihan setelah operasi besar. Hari ini saya juga melakukan kontrol," kata SBY dalam video yang diunggah dalam akun Instagram @aniyudhoyono, Selasa (23/11/2021).

SBY menuturkan, dirinya mengambil risiko besar untuk menjalani operasi kanker prostat. Apalagi usia SBY sudah 72 tahun, yang membuat risiko semakin meningkat.

"Operasi besar yang saya jalani ini tentu memiliki risiko dan saya tahu di usia 72 tahun ini risiko itu bertambah besar," urai SBY.

Meski begitu, SBY mengaku tetap mengambil keputusan untuk melakukan operasi. Hal ini karena SBY sudah berkonsultasi dengan tim dokter kepresidenan.

Baca juga: Pasca Jalani Operasi Kanker Prostat, SBY Ucapkan Terima Kasih ke Jokowi hingga Megawati

"Namun saya sudah mengambil keputusan dan telah berkonsultasi dengan tim dokter Indonesia, utamanya tim dokter kepresidenan yang merawat kesehatan presiden, wakil presiden serta mantan-mantan presiden dan wakil presiden, bahwa tindakan operasi inilah yang menurut saya paling tepat untuk kondisi saya," kata dia menjelaskan.

Kemudian, SBY melanjutkan, pihak rumah sakit Mayo Clinic juga berpendapatlangkah operasi yang dilakukan SBY adalah hal paling tepat karena didasari hasil patologi kanker prostat.

"Pihak Mayo Clinic juga berpendapat operasi adalah langkah yang paling tepat setelah melihat patologi kanker saya, maka pilihan ini sudah tepat dan benar. Mereka juga memiliki optimisme apa yang saya alami bisa diatasi dan kembali normal," kata SBY.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X