The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Eks Mensos Juliari 'Maling' Batubara Akhirnya Dieksekusi KPK
Juliari Batubara (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
News

Eks Mensos Juliari 'Maling' Batubara Akhirnya Dieksekusi KPK

Kamis, 23 September 2021 14:36 WIB 23 September 2021, 14:36 WIB

INDOZONE.ID - KPK telah mengeksekusi mantan Menteri Sosial Juliari Batubara ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten, untuk menjalani hukuman pidana 12 tahun penjara.

"Jaksa eksekusi KPK Suryo Sularso pada hari Rabu (22/9) telah melaksanakan putusan Pengadilan Tipikor atas nama terpidana Juliari P. Batubara yang telah berkekuatan hukum tetap dengan cara memasukkannya ke Lapas Kelas 1 Tangerang untuk menjalani pidana penjara selama 12 tahun dikurangi selama berada dalam tahanan," kata Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri, Kamis (23/9/2021).

Selain 12 tahun penjara, Juliari juga didenda Rp500 juta, subsider 6 bulan penjara. Juliari Batubara juga wajib membayar uang pengganti senilai Rp14,5 miliar.

Jika tidak dibayar maksimal 1 bulan setelah perkara berkekuatan hukum tetap, harta bendanya dirampas untuk menutupi uang pengganti. Jika nilai harta bendanya tidak cukup, maka Juliari harus menjalani pidana penjara tambahan 2 tahun.

Hak politiknya untuk dipilih dalam jabatan publik juga dicabut selama 4 tahun setelah selesai menjalani pidana pokok.

Seperti diketahui, Juliari Batubara terbukti menerima uang suap total Rp32,482 miliar. Tujuan suap adalah agar berbagai perusahaan ditunjuk sebagai pemenang vendor pengadaan bansos sembako.

Uang suap ini digunakan untuk membiayai kegiatan operasional Juliari saat menjabat sebagai Mensos dan kegiatan operasional di Kemensos, seperti pembelian sepeda Brompton, pembayaran honor artis Cita Citata, pembayaran hewan kurban, hingga penyewaan pesawat pribadi.

Sementara itu, dua anak buahnya yaitu Matheus Joko Santoso divonis 9 tahun penjara dan denda Rp450 juta subsider 6 bulan penjara dan wajib bayar uang pengganti Rp1,56 miliar subsider 1,5 tahun penjara.

Kemudian, Adi Wahyono divonis 7 tahun penjara ditambah denda Rp350 juta subsider 6 bulan kurungan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US