The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Firli Bahuri: KPK Tak Lagi Gunakan Istilah OTT
Ketua KPK Firli Bahuri. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
News

Firli Bahuri: KPK Tak Lagi Gunakan Istilah OTT

Apa alasannya?

Rabu, 26 Januari 2022 16:38 WIB 26 Januari 2022, 16:38 WIB

INDOZONE.ID - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyampaikan bilamana pihaknya tidak akan lagi menggunakan istilah operasi tangkap tangan (OTT).

Kata Firli, nantinya KPK hanya akan menyebut dengan istilah tangkap tangan saja, tanpa ada kata operasi.

"Dalam kesempatan ini perkenankan kami untuk menyampaikan tidak menggunakan lagi istilah operasi tangkap tangan. Tapi tangkap tangan," ujar Firli dalam raker dengan Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (26/1/2022).

Firli menjelaskan bilamana dalam  konsep hukum hanya dikenal istilah tertangkap tangan. Karena itulah tidak lagi menggunakan kata operasi.

"Kenapa karena dalam konsep hukum yang dikenal adalah tertangkap tangan," jelas dia.

Lebih jauh Firli menjabarkan, KPK melakukan beberapa pendekatan sebelum melakukan tangkap tangan. Mulai dari upaya untuk melakukan pendidikan kepada masyarat.

Dilanjutkan dengan upaya pencegahan melalui monitoring center for prevention (MCP) di daerah yang dianggap rawan korupsi.

"Delapan area intervensi seketika angkanya rendah kita bisa yakini daerah tersebut rawan tindak pidana korupsi," tutur Firli.

Dijelaskan Firli sesungguhnya MCP adalah untuk mencegah resiko korupsi dan mitigas korupsi. Sebab terbukti kata dia yang tertangkap tangan adalah yang tingkat MCPnya rendah.

"Itu betul bisa dibuktikan, yang tertangkap pastilah MCPnya rendah," tukasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US