The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Usai insiden Eriksen di Euro 2020, Pengguna Aplikasi Darurat Serangan Jantung Naik
Pengguna aplikasi penanganan darurat serangan jantung Heartrunner naik di Denmark, menyusul insiden kolapsnya bintang sepak bola tim nasional mereka, Christian Eriksen, akhir pekan lalu di EURO 2020. Nyawa Eriksen terselamatkan setelah ia menerima penan
News

Usai insiden Eriksen di Euro 2020, Pengguna Aplikasi Darurat Serangan Jantung Naik

Rabu, 16 Juni 2021 23:59 WIB 16 Juni 2021, 23:59 WIB

INDOZONE.ID - Pengguna aplikasi penanganan darurat serangan jantung Heartrunner naik di Denmark, menyusul insiden kolapsnya bintang sepak bola tim nasional mereka, Christian Eriksen, akhir pekan lalu, dalam laga Grup B Euro 2020.

Nyawa Eriksen terselamatkan setelah ia menerima penanganan resutasi jantung paru (CPR) di tengah lapangan dan jantungnya juga dipacu dengan alat pacu jantung sebelum dilarikan ke rumah sakit.

Insiden itu mengejutkan bagi jutaan pemirsa televisi di seluruh dunia dan mendorong ratusan warga Denmark mendaftarkan diri ke Heartrunner sebagai sukarelawan apabila keadaan semacam itu terjadi di sekitarnya.

"Insiden tragis ini menghadirkan perspektif yang teramat penting, bahwa Anda dan saya bisa menciptakan perbedaan lewat penanganan CPR," kata Fredrik Folke, profesor klinis Universitas Kopenhagen serta kepala riset Badan Darurat Medis Kopenhagen, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (16/6).

Baca juga: Unik, Korea Selatan Buat Kompetisi 'Tidak Melakukan Apa-apa' di 'Hutan Penyembuhan'

"Dalam akhir pekan yang normal, biasanya ada 90-100 pendaftaran baru, tetapi selepas pertandingan itu hingga pagi berikutnya kami menerima 700 pendaftaran baru," ujarnya menambahkan.

Aplikasi Heartunner merupakan bagian dari gerakan sosial yang didukung lembaga nirlaba TrygFonden dan Folke mengatakan semua pendaftar sukarelawan pernah mengikuti pelatihan CPR.

"Anda mendaftar di aplikasi. Jika ada serangan jantung, kami akan memberi notifikasi kepada 10 responden warga terdekat," katanya.

"Mereka akan diinstruksikan entah untuk langsung mendatangi lokasi korban serangan jantung dan melakukan CPR atau diarahkan ke fasilitas terdekat yang memiliki alat pacu jantung, untuk digunakan sebelum petugas kesehatan darurat tiba," ujar Folke melengkapi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US