Muhaimin akan Sampaikan Usulan Penundaan Pemilu 2024 ke Presiden Jokowi, PKS Menolak!

- Rabu, 23 Februari 2022 | 20:12 WIB
Kiri: Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (INDOZONE/Harits Tryan Ahkmad) / Kanan: Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. (Dok. Fraksi PKS)
Kiri: Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (INDOZONE/Harits Tryan Ahkmad) / Kanan: Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. (Dok. Fraksi PKS)

Usai mengusulkan agar Pemilu 2024 ditunda satu atau dua tahun, Wakil Ketua DPR yang juga Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar akan menyampaikan usulannya ke pimpinan partai politik.

“Moga-moga usulan saya nanti, saya sampaikan ke teman-teman pimpinan-pimpinan partai,” kata Muhaimin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Dikatakan Cak Imin—sapaan akrab Cak Imin— dirinya pun ingin menyampaikan usulan penundaan Pemilu 2024 ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya usulkan ke pak presiden,” ucapnya.

Baca juga: Kesulitan Dapat Air Besih, Warga Muara Angke Gruduk Kantor Anies

Sementara itu, usulan dari Cak Imin mendapat penolakan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Melalui Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, PKS akan konsisten berjuang mengikuti konstitusi yang di mana Pemilu harus diselenggarakan 5 tahun sekali dan maksimal Presiden hanya dua periode saja.

“PKS akan konsisten berjuang sesuai konstitusi. Pemilu tiap lima tahun dan maksimal dua periode untuk jabatan Presiden," ujar Mardani kepada wartawan, Rabu (23/2/2022).

Anggota Komis II DPR RI ini berujar rezim otoriter justru  muncul karena waktu berkuasa yang begitu lama. Oleh sebab itu dia menilai semua harus taat pada aturan konstitusi.

"Semua rezim otoriter pada awalnya muncul karena waktu berkuasa yang lama. Karena itu tegas konstitusi membatasi dua periode dan pemilu dilaksanakan lima tahun sekali," tegas Mardani.

Adapun Muhaimin mengusulkan Pemilu 2024 ditunda karena tak ingin ganggu momentum pembangkitan ekonomi yang terdampak karena pandemi Covid-19.

Mardani menyatakan jika selama perhelatan Pemilu diselenggarakan tidak pernah mengganggu pembangunan.  Karena itu Mardani menepis alasan dan usul tersebut.

“Pemilu selama ini tidak pernah mengganggu pembangunan. Justru niat berkuasa lebih lama yang bisa mengganggu proses demokrasi di negeri kita,” tukas dia.

Sebelumnya Wakil Ketua DPR RI sekaligus Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengusulkan agar Pemilu 2024 ditunda sementara waktu. Penundaan Pemilu 2024 bisa dilakukan selama satu atau dua tahun.

“Saya mengusulkan pemilu 2024 ditunda satu atau dua tahun,” kata Muhaimin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X