The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jadi Pengganti Satgas Nemangkawi, Begini Strategi Ops Damai Cartenz Hadapi KKB di Papua
Ilustrasi Polisi mengikuti apel pasukan. (ANTARA/Didik Suhartono)
News

Jadi Pengganti Satgas Nemangkawi, Begini Strategi Ops Damai Cartenz Hadapi KKB di Papua

Seperti apa strateginya?

Rabu, 19 Januari 2022 19:33 WIB 19 Januari 2022, 19:33 WIB

INDOZONE.ID - Operasi Damai Cartenz 2022 sebagai pengganti Satgas Nemangkawi sudah mulai bekerja dan pastinya akan menghadapi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Berbeda dengan pola penanganan sebelumnya, Operasi Damai Cartenz akan bersifat bertahan dari serangan KKB.

"Selama ini kita dalam kasus penembakan selalu aktif merespon. Dalam merespon ini selalu terjadi kontak tembak ini lebih banyak sisi negatif karena KKB memanfaatkan momen menjatuhkan pemerintah," kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (19/1/2022).

Mathius menyebut pola penanganan KKB saat ini tidak lagi melakukan penyerangan terlebih dahulu dan lebih banyak bersikap bertahan. Hal tersebut terbukti dari penanganan KKB akhir-akhir ini.

"Kita lihat operasi terakhir mengurangi korban masyarakat yang dampaknya ke kegiatan itu, sehingga korban menurun termasuk masyarakat. Dan banyak (KKB) yang kita tangkap," beber Mathius.

Terpisah, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyebut penanganan KKB dengan cara kekerasan bukan cara untuk menyelesaikan permasalahan.

"Tujuan intinya bagaimana masyarakat Papua tercipta rasa aman, tentu akan menghilangkan kekerasan. Upaya kekerasan bukan jalan satu-satunya," pungkas Ramadhan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US