The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gempa Guncang Banten, Polisi Ingatkan Warga Waspada Hoax
Polda Banten pantau wisata Pantai Anyer. (Dok. Humas Polda Banten)
News

Gempa Guncang Banten, Polisi Ingatkan Warga Waspada Hoax

Gempa M 6,7 guncang Banten

Minggu, 16 Januari 2022 09:40 WIB 16 Januari 2022, 09:40 WIB

INDOZONE.ID - Polda Banten mengimbau kepada warga untuk waspada soal sebaran berita bohong atau hoax terkait gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 6,7 yang mengguncang wilayah itu pada Jumat (14/1/2022) lalu.

Dirpamobvit Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi menuturkan, pasca insiden gempa terjadi, pihaknya langsung mengerahkan personel untuk mengecek ke sejumlah titik gempa. Salah satunya yakni lokasi wisata Pantai Anyer.

"Pasca gempa kemarin, saya langsung memerintahkan seluruh jajaran yang sedang pengamanan pada objek vital untuk melakukan pengecekan situasi dan kondisi di objek wisata Anyer," kata Kombes Edy dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Minggu (16/1/2022).

"Tentu gempa yang berpusat di Kabupaten Pandeglang tersebut berdampak pada beberapa daerah di sekitarnya. Personel Ditpamobvit Polda Banten telah melakukan pengecekan situasi dan kondisi pasca gempa. Apakah ada dampak yang mengakibatkan air surut maupun kerusakan bangunan pasca terjadinya gempa," sambungnya.

Polda Banten pantau wisata Pantai Anyer.
Polda Banten pantau wisata Pantai Anyer. (Dok. Humas Polda Banten)

Baca juga: Genoa Pecat Andriy Shevchenko, padahal Baru 2 Bulan jadi Pelatih

Pada kesempatan yang sama, pimpinan regu Ditpamobvit Polda Banten, Aipda Edo Stepanus menjelaskan bahwa pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat maupun wisatawan agar tidak mudah termakan berita-berita hoax terkait gempa di Banten.

"Selain melakukan patroli dan pengecekan situasi kondisi pasca gempa yang terjadi di Pandeglang, kami juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada. Banyak berita hoax yang menyebabkan masyarakat khususnya pengunjung objek wisata panik," kata Edo.

Polda Banten juga mengimbau agar warga Pandeglang untuk tetap waspada jika terjadi gempa susulan. Jika terjadi gempa, Polda Banten meminta masyarakat untuk tetap tenang dan mencari tempat aman.

"Kami harapkan masyarakat tetap waspada apabila terjadi gempa susulan dan diharapkan berkumpul di area titik aman," pungkas Edo.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Rachmat Fahzry
Samsudhuha Wildansyah
JOIN US
JOIN US