Viral Bangunkan Sahur Pakai Toa Masjid dengan Berteriak, Bagaimana Adab Sebenarnya?

- Sabtu, 24 April 2021 | 10:29 WIB
Ilustrasi toa masjid (Antara)
Ilustrasi toa masjid (Antara)

Zaskia Adya Mecca mempertanyakan etika membangunkan sahur dengan cara berteriak menggunakan toa masjid. Hal ini pun menjadi polemik dan menuai pro kontra di masyarakat.

Kementerian Agama akhirnya angkat bicara. Kemenag menegaskan bahwa sejak tahun 1978 sudah ada aturan mengenai penggunaan pengeras suara di Masjid, langgar, dan Musala.

“Takmir masjid juga harus tegas mengatur penggunaan alat pengeras suara atau Toa masjid, misalnya untuk membangunkan sahur pada pukul 02.30 - 03.00 dan 03.30, durasi penggunaannya cukup satu menit, dengan suara yang baik dan cara yang baik,” ujar Pelaksana Subdirektorat Kemasjidan Kemenag, Fakhry Affan dalam keterangannya, Sabtu (24/4/2021).

Fakhry menegaskan penggunaan toa masjid harus memperhatikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin di tengah kompleksitas masyarakat Indonesia yang plural.

Senada dengan hal itu, Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Moh. Agus Salim, mengatakan, membangunkan sahur memang sudah tradisi di Indonesia.

Namun, hendaknya dilakukan dengan cara sopan, santun, baik, dan menjaga nilai-nilai keluhuran agama. Sehingga, kualitas kebaikan dan keberkahan sahur terjaga.

Membangunkan sahur jangan sampai mengganggu hak orang lain, misalnya warga yang sakit, punya anak kecil, dan warga nonmuslim.

Habib Abubakar Assegaf juga setuju dengan hal tersebut. Dia mengatakan bahwa kegiatan ibadah akan menjadi haram kalau malah mengganggu orang lain.

“Kegiatan ibadah tidak boleh/haram jika mengganggu aktifitas org lain, mungkin ada yang sakit atau bayi yang lagi tidur, ibu-ibu yang istirahat untuk mempersiapkan sahur,” cuit Habib Abubakar Assegaf di Twitter.

Menurutnya, penggunaan toa masjid sebaiknya dibatasi, misalnya setelah tarawih cukup memakai speaker dalam dengan suara yang dipelankan agar mengganggu sekitar masjid.

"Seperti dalam riwayat hadits yang menjelaskan Nabi SAW pernah mempersingkat sholatnya karena mendengar suara tangisan bayi," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X