Soal Dugaan Pelecehan Ibu Hamil, Dinkes DKI: Nakes Sudah Lakukan Sesuai Prosedur

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 16:05 WIB
Ilustrasi hamil. (Pexels/Freestock.org)
Ilustrasi hamil. (Pexels/Freestock.org)

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta Widyastuti menyebutkan bahwa tenaga kesehatan (nakes) yang diduga melakukan pelecehan seksual kepada ibu hamil di salah satu Puskesmas sudah sesuai prosedur.

Sesuai prosedur yang dimaksud Widyastuti tersebut adalah nakes yang bertugas melakukan langkah-langkah diagnosa, yakni melakukan anamnesa atau wawancara terhadap pasien guna menegakkan diagnosa.

"Itu tim kita sudah lakukan sesuai SOP mempertanyakan. Jadi gini di dalam suatu pelayanan kesehatan ada langkah-langkah penegakan diagnosa," ucapnya, Rabu (13/10/2021).

"Mulai dari anamnesa (wawancara), pemeriksaan fisik dan nanti apa keputusannya, pemeriksaan penunjang," tambah Widyastuti.

Lebih lanjut, Widyastuti menjelaskan, wawancara yang dilakukan setiap nakes harus mendalam sesuai dengan standar dan prosedur. Hal itu dilakukan jikalau menemukan kecurigaan terhadap gejala tertentu.

"Apabila di dalam pemeriksaan fisik ditemukan suatu kecurigaan terhadap suatu kasus tertentu atau gejala tertentu, itu diperdalam dalam anamnesa," ungkapnya.

Kendati demikian, anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini tak membenarkan ataupun membantah terkait adanya isu pelecehan seksual oleh nakes yang dilakukan pada ibu hamil tersebut.

BACA JUGA: Viral! Massa Pendemo Diduga Di-'smackdown' Oknum Polisi di Tangerang

"Pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan yang ditemukan di lapangan. Sesuai dengan anamnesa dan gejala klinis yang sesuai dengan di lapangan," tandas Widyastuti.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X