Menkes sedang Cari Alternatif Agar PeduliLidungi Bisa Digunakan tanpa Smartphone

- Senin, 13 September 2021 | 18:28 WIB
Wisatawan melakukan scan QR Code sertifikat vaksin COVID-19 melalui aplikasi PeduliLindungi. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
Wisatawan melakukan scan QR Code sertifikat vaksin COVID-19 melalui aplikasi PeduliLindungi. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengakui jika pemerintah sedang melakukan mempertimbangkan alternatif penggunaan aplikasi PeduliLindungi tanpa harus menggunakan ponsel pintar atau smartphone.

"Kami juga memikirkan bagaimana PeduliLindungi bisa digunakan tanpa smartphone, sedang kita pikirkan bagaimana caranya agar ada alternatif lain," kata Budi dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Senin (13/9/2021).

Diketahui aplikasi PeduliLindungi menjadi persyaratan banyak hal bagi masyarakat di masa pandemi Covid-19, termasuk mengakses ruang publik.

Budi melanjutkan pemerintah sedang mencoba mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem check in pesawat, lalu dengan tempat pemesanan tiket pesawat terbang dari beberapa platform.

"Sebagai contoh yang sudah kita lakukan di bandara-bandara, siste, PeduliLindungi kita integrasikan dengan sistem check in pesawat dan sistem ordering dari traveloka atau tiket.com," jelas Budi.

"Jadi begitu pertama kali yang bersangkutan pesen tiket atau check in, otomatis tanpa buka handphone oleh aplikasi traveloka, tiket.com, atau aplikasi cek in pesawat akan dicek ke sistem pedulilindungi terkait status vaksinasi dan juga lab PCR," tambah Budi.

Dengan demikian diharapkan mempemudah pemeriksaan terhadap pelaku perjalanan perihal statusnya tanpa harus membutuhkan handphone terlebih dahulu.

"Sehingga dengan demikian (kategori) merah, kuning, hijaunya akan langsung ketahuan di meja check in tanpa membutuhkan handphone," ungkapnya.

Selain ditekankannya pemerintah terus berbenah diri untuk masyarakat mengakses aplikasi dari PeduliLindungi. Apalagi di daerah yang penetrasi smartphonenya belum maksimal.

"Hal-hal seperti ini yabg akan kami teruskan agar bisa mempermudah PeduliLindungi untuk daerah-daerah yang penetrasi smartphonenya belum maksimal," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X