Mendag Sebut Harga Beras Stabil, tapi Cabai dan Bawang Cenderung Naik

- Kamis, 17 Maret 2022 | 18:31 WIB
Mendag Muhammad Lutfi (kanan) berswafoto dengan pedagang saat meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Kramat Jati. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)
Mendag Muhammad Lutfi (kanan) berswafoto dengan pedagang saat meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Kramat Jati. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyebut jika harga sejumlah kebutuhan pokok seperti beras terpantau stabil dibandingkan dengan bulan lalu.

Dia berkata sekarang ini bahan pokok seperti beras berada di kisaran Rp 10.400 untuk kategori medium dan Rp 12.400 kategori premium. Begitu disampaikan Lutfi dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR.

“Harga beras terpantau stabil di kisaran 10.400 untuk medium dan 12.400 untuk premium,” kata Lutfi dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/3/2022).

Baca Juga: DPR Minta Pemerintah Kendalikan Harga Kebutuhan Pokok

Kemudian untuk harga bahan pokok cabai dan bawang merah mulai meningkat. Dia menyebut faktor yang membuat harga cabai dan bawang naik adalah gagal panen lantaran curah hujan tinggi.

“Cabe dan bawang merah terpantau meningkat harganya akibat curah hujan yang tinggi, curah hujan membuat tanaman cabai gagal berbuah dan penen tertunda,” ucap dia.

“Bahkan menurunkan produktivitas bawang merah hingga 50 persen. Namun diperkirakan pada saat puasa di bulan ramadhan pasokan kembali optimal, bahkan cenderung over supply,” beber Lutfi.

Meski demikian dia memperkirakan pada saat puasa di bulan Ramadan pasokan kembali optimal, bahkan cenderung over supply. Begitu juga untuk pasokan daging ayam dan telur cukup saat Ramadan diprediksi akan aman.

“Untuk pasokan daging ayam dan telor ayam tersedia cukup, bahkan diproyeksikan surplus di bulan ramadan,” ucap Lutfi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X