Pendaki Selamat Setelah Terkepung Kebakaran di Lereng Gunung Panderman

- Senin, 22 Juli 2019 | 08:31 WIB
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu

Kebakaran hebat melanda kawasan hutan di lereng Gunung Panderman yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (21/7/2019) malam.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menyatakan sudah tidak ada pendaki yang berada di Gunung Panderman. Dua pendaki yang sempat terkepung kebakaran akhirnya berhasil diselamatkan.

"Semua pendaki, sudah berada di Pos Pantau Gunung Panderman dan dalam kondisi aman," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Abdul Rochim.

-
Pendaki Gunung Panderman di pos pendakian/Istimewa

 

Dua pendaki terakhir yang turun ke Pos Pantau Gunung Panderman adalah Much. Adnan Fanani dan Firgiawan Listanto yang berasal Kabupaten Mojokerto.

Saat ini, pihak BPBD Kota Batu bersama TNI, Polri, pihak Perhutani Palang Merah Indonesia, dan para pihak terkait akan fokus untuk menyiapkan logistik dan peralatan, serta mempersiapkan personel untuk memadamkan api di petak 227.

"Aksi pemadaman akan dilaksanakan dengan titik kumpul di Pos Pendakian Gunung Panderman pada, Senin (22/7/2019) pukul 06.30 WIB," katanya.

Untuk akses dan perizinan pendakian Gunung Panderman dan Gunung Buthak ditutup sampai waktu yang belum ditentukan dan dinyatakan aman untuk pendakian.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X