Kanada Sebut 1 Juta Masker yang Diimpor dari Tiongkok Tak Sesuai Standar

- Sabtu, 25 April 2020 | 21:49 WIB
Ilustrasi tenaga medis memakai masker (Unsplash)
Ilustrasi tenaga medis memakai masker (Unsplash)

Pemerintah Kanada menyebut bahwa 1 juta masker KN95 dari Tiongkok, ternyata tak bisa digunakan. Masker impor tersebut tidak sesuai standar aturan kesehatan sehingga tak bisa diberikan kepada para tenaga medis.

"Barang ini tidak didistribusikan ke berbagai daerah untuk kebutuhan pekerja kesehatan," kata juru bicara Badan Kesehatan Publik Kanada itu, dilansir AFP Jumat (24/4/2020).

Otoritas saat ini tengah mempertimbangkan untuk memberikan masker tersebut kepada pekerja di sekotr non-medis, agar tidak berakhir sia-sia.

Masker KN95 sendiri mirip dengan masker jenis N95 atau FFP2 yang banyak dipakai di negara Eropa.

"Kebanyakan suplai dunia diproduksi di Tiongkok. Jadi memindahkan material dari negara itu sangat kompleks," ujar Menteri Pengadaan dan Layanan Umum, Anita Anand.

Saat ini, pemerintah Kanada fokus membuat masker jenis N95 dan respirator. Produksi masker domestik dan suplai medis lainnya juga akan dipercepat.

Mereka menargetkan bisa memproduksi sekitar 16 juta masker medis. Di awal April, Kanada telah menerima lebih dari 10 juta masker medis dan kemudian mengajukan permintaan 60 juta masker N95 tambahan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X