Heboh Kapal Pesiar Misterius Melintas di Perairan Raja Ampat

- Selasa, 14 April 2020 | 11:17 WIB
Kapal Pesiar Misterius di Raja Ampat. (Foto: ANTARA/Istimewa)
Kapal Pesiar Misterius di Raja Ampat. (Foto: ANTARA/Istimewa)

Masyarakat Raja Ampat dihebohkan dengan kemunculan kapal pesiar yang tidak diketahui identitasnya melintas di perairan Raja Ampat, Senin (13/4/2020). Apalagi, kemunculannya di tengah situasi tanggap darurat pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19).

Menurut Matius, Warga Pulau Mansuar, Kabupaten Raja Ampat, menjelaskan kapal pesiar itu melintas di perairan antara Pulau Mansuar dan Batanta sekitar pukul 11.00 WIT.

Kapal pesiar besar itu dianggap misterius karena nama, asalnya serta tujuannya tidak terdeteksi oleh alat navigasi daerah setempat. Bahkan pemerintah daerah pun tidak mengetahui asal usulnya. Sehingga membuat warga bertanya-tanya tujuan kapal tersebut, karena saat ini seluruh kawasan wisata Raja Ampat ditutup.

"Kami sudah menghubungi beberapa rekan agar meneruskan pihak-pihak terkait untuk mendeteksi kapal tersebut dengan alat navigasi namun informasi yang kami peroleh bahwa kapal tersebut tidak mengaktifkan alat Sistem Identifikasi Otomatis atau Automatic Identification System atau AIS bagi setiap kapal yang berlayar di perairan Indonesia sehingga dapat dideteksi," kata Matius seperti dilansir Antara, Selasa (14/4/2020).

-
Kapal Pesiar Misterius (Foto: ANTARA/Istimewa)

Sementara itu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Raja Ampat, Anggiat P. Marpaung mengatakan tidak ada kapal pesiar besar yang berkoordinasi dan mengajukan izin berlayar di perairan Raja Ampat.

Tidak hanya itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Raja Ampat, M. Said Soltief juga mengatakan pihaknya tidak mengeluarkan izin masuk kawasan wisata bagi kapal pesiar besar dalam kondisi wabah virus corona.

"Kami sudah berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait kapal tersebut hanya lewat perairan Raja Ampat," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X