Soal Natuna, DPR Minta Kemenhan Percepat Capaian MEF
(Antara/M Risyal Hidayat)
News

Soal Natuna, DPR Minta Kemenhan Percepat Capaian MEF

Sebagai sahabat, harusnya China menghormati wilayah Indonesia

Senin, 06 Januari 2020 11:48 WIB 06 Januari 2020, 11:48 WIB

INDOZONE.ID - Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Darizal Basir menanggapi klaim pemerintah China terkait wilayah perairan di Pulau Natuna.

Dia mendesak Kementerian Pertahanan untuk melakukan percepatan capaian program Minimum Essential Force (MEF) khususnya di Matra Laut dan Udara dalam mengantisipasi kondisi ancaman militer.

"Ancaman militer dari luar semakin jelas. Tidak Ada pilihan lain, Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan harus segera melakukan percepatan realisasi MEF tahap ini, khususnya di matra Laut dan Udara," ucapnya saat ditemui di Jakarta, Senin (6/1).

Menurutnya, dalam jangka pendek, TNI harus meningkatkan patroli di sepanjang Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) agar Coast Guard dan kapal nelayan China tak lagi masuk dalam kawasan Indonesia.

"Tidak ada toleransi untuk siapapun yang mencoba - coba mengklaim wilayah kedaulatan Indonesia setapak-pun, baik di darat maupun di laut. Untuk itu diminta TNI meningkatkan patroli pengawasan, khususnya di sepanjang Zona Ekonomi Eksklusif yang rawan seperti Laut Natuna,"

Darizal pun menegaskan bahwa prinsip hubungan bilateral antar dua negara, baik Indonesia dan China harus dilandasi oleh semangat kesetaraan, saling menghormati wilayah kedaulatan masing - masing,

"Sebagai sahabat mestinya Pemerintah China menghormati wilayah kedaulatan Indonesia, apalagi terkait batas wilayah perairan atau laut sudah diputuskan di PBB," tegasnya.

"Jika Pemerintah China masih bersikeras, Saya Kira sepatutnya dievalusi lagi hubungan Kerjasama Indonesia - China selamat ini," imbuhnya. 

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Fauzi
Ade Indra
Mula Akmal
Fauzi

Fauzi

Editor
Ade Indra

Ade Indra

Writer
Mula Akmal

Mula Akmal

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US