Soal Natuna, DPR Minta Kemenhan Percepat Capaian MEF

- Senin, 6 Januari 2020 | 11:48 WIB
(Antara/M Risyal Hidayat)
(Antara/M Risyal Hidayat)

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Darizal Basir menanggapi klaim pemerintah China terkait wilayah perairan di Pulau Natuna.

Dia mendesak Kementerian Pertahanan untuk melakukan percepatan capaian program Minimum Essential Force (MEF) khususnya di Matra Laut dan Udara dalam mengantisipasi kondisi ancaman militer.

"Ancaman militer dari luar semakin jelas. Tidak Ada pilihan lain, Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan harus segera melakukan percepatan realisasi MEF tahap ini, khususnya di matra Laut dan Udara," ucapnya saat ditemui di Jakarta, Senin (6/1).

Menurutnya, dalam jangka pendek, TNI harus meningkatkan patroli di sepanjang Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) agar Coast Guard dan kapal nelayan China tak lagi masuk dalam kawasan Indonesia.

"Tidak ada toleransi untuk siapapun yang mencoba - coba mengklaim wilayah kedaulatan Indonesia setapak-pun, baik di darat maupun di laut. Untuk itu diminta TNI meningkatkan patroli pengawasan, khususnya di sepanjang Zona Ekonomi Eksklusif yang rawan seperti Laut Natuna,"

Darizal pun menegaskan bahwa prinsip hubungan bilateral antar dua negara, baik Indonesia dan China harus dilandasi oleh semangat kesetaraan, saling menghormati wilayah kedaulatan masing - masing,

"Sebagai sahabat mestinya Pemerintah China menghormati wilayah kedaulatan Indonesia, apalagi terkait batas wilayah perairan atau laut sudah diputuskan di PBB," tegasnya.

"Jika Pemerintah China masih bersikeras, Saya Kira sepatutnya dievalusi lagi hubungan Kerjasama Indonesia - China selamat ini," imbuhnya. 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X