Jadi Investor Terbesar, Janji Anyar Jepang ke Indonesia

- Minggu, 12 Januari 2020 | 09:31 WIB
Pertemuan Menteri Luar Negeri Indonesia dan Jepang. (Kemenlu).).
Pertemuan Menteri Luar Negeri Indonesia dan Jepang. (Kemenlu).).

Negara Jepang bagi Indonesia adalah mitra dagang dan investasi terbesar kedua setelah Singapura. Paling tidak, pada periode Januari-September 2019, nilai perdagangan bilateral sebesar US$23,85 miliar dan nilai investasi Jepang mencapai US$3,24 miliar dari 2810 proyek.  

Dalam pertemuan ke-7 Strategic Dialogue RI-Jepang di Jakarta (10/12/2020), Jepang berkomitmen untuk terus menjadi mitra kunci pembangunan sektor prioritas Indonesia.

Pada kunjungan perdananya ke Indonesia, Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu sepakat mendukung prioritas pemerintah di bidang ekonomi dan peningkatan SDM Indonesia. Berikut adalah berapa program prioritas Jepang di Indonesia pada 2020.

 

1. Hibahkan Kapal Patroli Buat Natuna

Industri perikanan menjadi salah satu prioritas Jepang di Indonesia. Setelah ikut dalam proyek pengembangan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Natuna, termasuk di 5 pulau terluar Indonesia lainnya, Jepang akan membantu hibah kapal pengawas perikanan untuk dioperasikan di Natuna, yang saat ini tengah berkonflik dengan China. 

 

2. Program Magang di Jepang

Jepang menegaskan, berkomitmen terus memperluas investasi di Indonesia dan mendukung modernisasi industri agar menjadihub re-ekspor produk manufaktur Jepang di kawasan. 

Untuk itu, Jepang bakal perkuar kerjasama dalam konteks pengembangan sumber daya manusia melalui program vokasi maupun program internship on the job. 

"Jadi internship pada perusahaan-perusahaan Jepang yang ada di Indonesia, serta pengembangan bahasa Jepang,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

 

-
Pertemuan Menteri Luar Negeri Indonesia dan Jepang. (Kemenlu).

 

3. Ikut Kembangkan Ibu Kota Baru

Investasi Jepang pun, bakal menyasar pada pembangunan ibu kota baru, yang sudah direncanakan Presiden Joko Widodo di Kalimantan Timur. Pemerintah berharap mulai 2020 ini sudah ada pembangunan di ibu kota baru. 

Jepang diundang untuk mengembangkan konsep smart metropolis ibu kota baru, seperti klaster pendidikan (science city) dan kota berdimensi hutan (forest city) 

 

4. Kirim Tim Ahli Buat Industri Sawit

Di tengah sorotan dunia tertuma Eropa atas produksi sawit Indonesia yang dinilai bermasalah, Jepang bakal mengirimkan tim ahli untuk membantu meningkatkan aspek keberlanjutan (sustainability) sawit Indonesia.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X