Raja Thailand Pecat Kembali Pejabat Istana, Ada yang Karena Zina

- Rabu, 30 Oktober 2019 | 16:04 WIB
Reuters/Athit Perawognmetha
Reuters/Athit Perawognmetha

Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn kembali memecat empat pejabat istana. Sebelumnya, pada pekan lalu, Raja Vajiralongkorn juga sempat memecat 6 pejabat istana yang dituduh melakukan pelanggaran berat yang membahayakan layanan kerajaan.

Selain itu, dia juga mencopot gelar selir kerajaan yang disematkan kepada Sineenat Wongvajirapakdi.

Padahal gelar tersebut baru disematkan beberapa bulan kepada Sineenat Wongvajirapakdi. Ia dituduh tidak patuh dan cemburu terhadap Ratu Suthida Bajrasudhabimalalakshana, istri Raja Vajiralongkorn.

Kali ini, Raja Vajiralongkorn kembali memecat pejabat istana. Dua pejabat istana yang merupakan penjaga kamar tidur dipecat karena ia dinilai telah melakukan perbuatan perzinahan. Perbuatan tersebut menurutnya telah melanggar kode etik anggota istana.

Sementara itu, dua pejabat lainnya yang merupakan pejabat militer juga dipecat karena dianggap 'teledor' dalam menjalankan tugas sebagai penjaga istana. Pejabat militer itu juga dianggap berperilaku tak pantas, yang tak sesuai dengan jabatan dan gelar mereka.

Sejak menerima tahta seusai kematian ayahnya pada 2016, Raja Vajiralongkorn terbukti menjadi raja konstitusional yang tegas. Raja Vajiralongkorn resmi dilantik menjadi Raja Thailand pada Mei 2019 lalu.

Dalam masa kepemimipinannya, Raja Vajiralongkorn sering turun tangan langsung menangani urusan kerajaan dan kekayaan yang melimpah. Ia juga memindahkan dua unit militer dari tentara untuk dikendalikan sendiri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X