Tol Pertama di Manado Bakal Beroperasi April 2020

- Selasa, 5 November 2019 | 15:27 WIB
Jalan Tol Manado - Bintung (PUPR)
Jalan Tol Manado - Bintung (PUPR)

Pembangunan Tol Manado - Bitung (Mabit) sepanjang 39,9 kilometer, terus dikebut. Keberadaan tol pertama di Sulawesi Utara ini, diyakini bakal mengurangi biaya logistik beberapa produk ekspor melalui Pelabuhan Internasional Bitung, serta memudahkan akses bagi wisatawan. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, keberadaan tol akan mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan pendukung kawasan strategis pariwisata nasional Manado - Bitung - Likupang, termasuk akses ke Pulau Lembeh.

Jalan Tol Mabit dibangun dalam dua seksi, yaitu Seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi (14 Km) dikerjakan oleh Kementerian PUPR dan untuk Seksi 2 Air Madidi - Bitung (25 Km) dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung.

Untuk Seksi 2, Tol Mabit ini dibangun menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi Rp6,19 triliun. Dukungan pemerintah untuk pembiayaan konstruksi Seksi 1 sebesar Rp3 triliun, merupakan instrumen untuk meningkatkan kelayakan investasi jalan tol Mabit.

Progres pekerjaan pada Seksi 1 yang sudah selesai, yaitu Seksi 1A Manado - Sukur (7 Km) dan Seksi 1B Sukur - Airmadidi (7 km). Sedangkan untuk Seksi 2 yaitu Seksi 2A Air Madidi - Danowudu (11,5 Km) progresnya 89,40 persen dan Seksi 2B Danowudo -  Bitung (13,5 Km) progresnya 31,20 persen. Jalan tol ini, ditargetkan dapat  beroperasi penuh pada April 2020.

Jalan tol yang memiliki lima Simpang Susun (SS) yaitu, SS Manado SS Air Madidi, SS Kauditan, SS Danowudu dan SS Bitung ini, akan memangkas waktu tempuh Manado ke Bitung dan sebaliknya dari 90-120 menit menjadi 30 menit. 

Basuki menegaskan, sebagai terusan dari tol Manado – Bitung akan dibangun jembatan dengan panjang sekitar 1 kilometer, dengan anggaran tahun jamak sebesar Rp500 miliar yang konstruksinya akan dimulai tahun 2020.  

"Kehadiran tol pertama di Sulawesi Utara ini juga akan menjadi faktor pendorong berkembangnya sektor pariwisata kawasan Manado – Bitung – Likupang yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo," ujarnya dalam keteranganya, Selasa (5/11).

Ia mengatakan, kawasan ini menjadi salah satu dari 5 kawasan pariwisata prioritas yang akan dikembangkan tahun 2020. 

"Masih banyak lagi objek wisata di Sulawesi Utara yang memiliki potensi dan belum dieksplorasi, seperti Pantai Serena, dan Air Terjun Kima Atas yang juga memerlukan dukungan infrastruktur," ujarnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X