Lebarkan Trotoar, Anies Sebut Untuk Atasi Kemacetan

- Jumat, 25 Oktober 2019 | 19:48 WIB
(photo/Instagram/aniesbaswedan)
(photo/Instagram/aniesbaswedan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai pelebaran trotoar merupakan solusi dalam mengatasi kemacetan di Jakarta. Namun kebijakan itu mendapat kritikan karena dinilai akan mengurangi lebar badan jalan.

"Nanti lihat saja kalau sudah jadi. Yang penting konsistensi lajur karena salah satu sebab mengapa terjadi kemacetan adalah lajurnya tidak konsisten," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan, jalanan di Jakarta dari dua lajur berubah jadi tiga. Kemudian berubah menjadi dua lagi.

"Ini akhirnya justru menyebabkan kemacetan. Sekarang sedang dibuatkan konsisten, itu yang sedang dilakukan," kata Anies.

Mantan Mendikbud ini mengatakan, tak semua pelebaran trotoar memakai lajur kanan. Alasannya, karena tiap-tiap wilayah dilakukan tindakan yang berbeda-beda saat pelebaran jalan.

"Semua yang bicara mengenai trotoar, mengenai jalan, harus spesifik dimana, waktunya kapan. Karena kami kebijakannya kan nggak sama semua," kata Anies.

Proyek pelebaran trotoar Jakarta yang sebagian besar mengurangi lebar jalan raya dikritik anggota DPRD DKI Jakarta. Pelebaran trotoar itu mengakibatkan berkurangnya lebar jalan sehingga dianggap menimbulkan kemacetan yang tak terhindarkan.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X